Tautan-tautan Akses

India, Afghanistan Sepakat Kerjasama Perangi Terorisme


Menteri Luar Negeri India, S.M. Krishna.

Menteri Luar Negeri India, S.M. Krishna.

India dan Afghanistan memiliki hubungan yang tidak mulus dengan Pakistan, yang dituduh mendukung kelompok militan.

Menteri Luar Negeri India dan Afghanistan mengakhiri pembicaraan di New Delhi, dimana diplomat kedua negara bersumpah untuk bekerjasama memerangi terorisme.

Dalam pernyataan bersama setelah pembicaraan hari Rabu, Menteri Luar Negeri Afghanistan Zalmai Rassoul dan rekan sejawatnya Menteri Luar Negeri India SM Krishna menyetujui, bahwa terorisme merupakan ancaman utama yang meremehkan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Meskipun mereka tidak secara spesifik menyebut Pakistan, kedua menteri mengatakan para ekstrimis menargetkan Afghanistan dan negara-negara lainnya harus tidak diberi tempat aman dan tempat perlindungan.

India dan Afghanistan sama-sama memiliki hubungan yang tidak mulus dengan Pakistan, yang sejak lama dicurigai menyediakan dukungan bagi kelompok militan di perbatasan.

Kedua menteri juga membicarakan kemungkinan Afghanistan menjadi rute perdagangan utama antara Asia Tengah dan Selatan.

Menteri Luar Negeri Afghanistan Zalmai Rassoul hari Selasa mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh yang mengatakan ia tetap mempunyai komitmen untuk membantu Afghanistan dengan pembangunan kembali dan rekonstruksi.

XS
SM
MD
LG