Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS Kembangkan Motor Listrik Terkecil di Dunia


Motor listrik yang ditemukan hanya berukuran molekul tunggal dengan lebar satu nanometer (foto ilustrasi).

Motor listrik yang ditemukan hanya berukuran molekul tunggal dengan lebar satu nanometer (foto ilustrasi).

Ukuran motor listrik itu hanya selebar satu nanometer, jauh lebih kecil dari sehelai rambut manusia yang lebarnya sekitar 60.000 nanometer.

Ilmuwan di Universitas Tufts di negara bagian Massachusetts mengatakan mereka telah mengembangkan motor listrik sebesar molekul yang pertama di dunia yang katanya bisa mendorong penemuan-penemuan besar dalam berbagai bidang termasuk kedokteran dan teknik.

Para periset mengatakan ukuran motor listrik kecil itu hanya selebar satu nanometer, jauh lebih kecil dari sehelai rambut manusia yang lebarnya kira-kira 60 ribu nanometer. Rekor dunia untuk motor terkecil dipegang oleh alat selebar 200 nanometer.

Ilmuwan Tufts mengatakan telah ada kemajuan penting dalam motor-motor seukuran molekul yang tenaganya berasal dari cahaya dan reaksi kimia, namun ini yang pertama kalinya motor seukuran molekul yang digerakkan oleh listrik diperagakan. Para periset mengatakan motor itu juga mempunyai banyak kelebihan dari jenis-jenis motor berteknologi nano termasuk kontrol yang lebih baik dan penggunaan lebih luas.

Tim ilmuwan Tufts mengatakan berencana minta pengakuan atas motor barunya itu ke Guinness World Records.

Laporan mengenai motor listrik ukuran molekul tim itu diterbitkan dalam jurnal Nature Nanotechnology.

XS
SM
MD
LG