Tautan-tautan Akses

Houthi Klaim Serangan terhadap Kapal Kontainer di Teluk Aden


Foto menunjukkan Genco Picardy milik AS yang diserang pada 17 Januari 2024, dengan drone yang diluncurkan oleh militer Houthi di Teluk Aden (foto: dok).
Foto menunjukkan Genco Picardy milik AS yang diserang pada 17 Januari 2024, dengan drone yang diluncurkan oleh militer Houthi di Teluk Aden (foto: dok).

Militer Houthi Yaman pada hari Senin (4/3) mengklaim telah melakukan serangan terhadap sebuah kapal kontainer di Teluk Aden.

Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, mengidentifikasi kapal tersebut sebagai MSC Sky II, yang berlayar untuk perusahaan yang berbasis di Swiss, Mediterranean Shipping Co, tetapi berusaha menghubungkan kapal tersebut dengan Israel.

“Dengan pertolongan Tuhan, angkatan laut Angkatan Bersenjata Yaman melakukan operasi terarah terhadap kapal Israel “MSC SKY” di Laut Arab dengan sejumlah rudal angkatan laut yang sesuai, dan serangannya yang akurat dan langsung.”

Rincian kapal dan lokasi terakhir yang diketahui tentang kapal itu cocok dengan detail tentang serangan tersebut.

Houthi “akan terus menghalangi navigasi Israel atau mereka yang menuju pelabuhan Palestina yang diduduki sampai agresi dihentikan dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dicabut,” kata Saree.

Sejak November, pemberontak Houthi berulang kali menarget kapal-kapal di Laut Merah dan perairan sekitarnya karena perang Israel-Hamas.

Kapal-kapal tersebut termasuk sedikitnya satu kapal dengan muatan menuju Iran, pendukung utama Houthi, dan sebuah kapal bantuan yang kemudian menuju wilayah yang dikuasai Houthi.

Meskipun serangan udara yang dipimpin AS telah berlangsung selama lebih dari satu setengah bulan, pemberontak Houthi masih mampu melancarkan serangan yang signifikan. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG