Tautan-tautan Akses

Hip Hop Islami 'Remarkable Current' Hibur Para Santri

  • Wella Sherlita

Lagu-lagu yang dibawakan grup 'Remarkable Current' ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.

Lagu-lagu yang dibawakan grup 'Remarkable Current' ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.

Grup musik hip hop Islami dari Amerika Serikat, 'Remarkable Current,' menggoyang ribuan santri di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, Desa Bojong Sempu, Bogor, Jawa Barat.

Ba'da sholat Ashar beberapa hari lalu di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, di Desa Soleh Waru Jaya, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat, ribuan santri perempuan dan laki-laki berkumpul di lapangan.

Mereka berkumpul bukan karena Habib Saggaf, atau pemilik pesantren yang akrab dipanggil Abah akan memberikan arahan khusus, melainkan untuk menyaksikan pertunjukan musik hip hop asal Amerika Serikat, "Remarkable Current."

Sekitar enam lagu dinyanyikan oleh grup hip hop yang dibentuk pada 2001 ini. Remarkable Current beranggotakan dua penyanyi rap hip hop Tyson dan Kumasi, seorang DJ Anas Canon dan penambuh drum Erik Rico.

Setiap lagu yang dinyanyikan mendapat sambutan meriah dari para santri. Muhammad Iqbal (16 tahun), dan Anna (14) mengaku baru untuk pertama kalinya menyaksikan langsung konser musik hip hop di pesantren.

“Saya senang bisa melihat penampilan (musisi) dari luar (negeri). Saya suka musik hip hop, enak dan bisa buat joget!” kata Iqbal.

Salah satu vokalis 'Remarkable Current,' Tyson, beraksi di depan para santri.

Salah satu vokalis 'Remarkable Current,' Tyson, beraksi di depan para santri.

Sedangkan menurut Anna, “Dua hari sebelumnya Abah sudah bilang akan ada tamu, katanya penyanyi hip hop dari Amerika. Tapi saya nggak punya idola penyanyi Amerika, saya nggak tahu yang lain.”

Di atas panggung, personel Remarkable Current semakin bersemangat bernyanyi. Mereka membawakan single-nya berjudul “One Love."

Sementara itu Abah, yang bernama lengkap Habib Saggaf bin Mahdi bin Syech Abu Bakar, kepada VOA menyebut pentingnya hikmah yang dapat dipetik dari kunjungan Remarkable Current di pesantren yang dipimpinnya. “Saya lihat kebanyakan anak-anak pesantren itu minder (karena tertutup dengan budaya luar). Saya anjurkan semua pesantren bisa dimasuki budaya-budaya semacam ini (musik hip hop) supaya mereka tahu, dan tidak minder.”

DJ Anas Canon menjelaskan grup musik yang berasal dari Oakland, California, ini dibentuk atas dasar tradisi Islam Amerika yang mereka miliki. Sebelum tampil di Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman, mereka pentas di Hard Rock Café, Universitas Hamka dan Panti Asuhan Muslimin.

Canon mengaku senang bisa menghibur anak-anak dan remaja muslim dari semua kalangan. Menurutnya, semangat penonton muda memberikan energi yang besar bagi grup ini. Ia mengaku, tidak masalah tampil di Hard Rock Café atau di kampung, yang penting pesan yang ingin disampaikan, yaitu Islam yang damai, dapat diterima.

Selain di Jakarta, Remarkable Current juga akan tampil di Padang, Medan dan Surabaya.

XS
SM
MD
LG