Tautan-tautan Akses

Hampir 3 Juta Warga Afghanistan Terancam Kelaparan


Musim dingin yang mulai melanda Afghanistan, mengancam jutaan warga mengalami kelaparan akibat minimnya persediaan pangan.

Musim dingin yang mulai melanda Afghanistan, mengancam jutaan warga mengalami kelaparan akibat minimnya persediaan pangan.

Hampir 3 juta warga Afghanistan terancam kelaparan, sementara musim dingin yang parah sudah di ambang pintu.

Sekelompok organisasi bantuan amal memperingatkan, hampir tiga juta warga Afghanistan terancam kelaparan sementara berbulan-bulan musim dingin yang parah sudah di ambang pintu.

Hari Jumat, organisasi-organisasi itu, termasuk Oxfam dan Save the Children, mengatakan kemarau awal tahun ini menyebabkan berbagai komunitas tidak punya banyak makanan.

Organisasi itu mengatakan kelangkaan dan melonjaknya harga makanan, menyebabkan keluarga-keluarga tidak makan tiga kali sehari, meminjam uang atau bahkan bermigrasi. Mereka mengatakan, banyak sekolah tutup karena anak-anak harus bekerja.

PBB meluncurkan permohonan darurat sebesar 142 juta dolar bulan Oktober untuk membantu meringankan situasi, tapi sejauh ini donor-donor internasional hanya mendanai tujuh persen dari jumlah tersebut.

Direktur Oxfam di Afghanistan Manohar Shenoy mengatakan waktu tinggal sedikit untuk memberi komunitas-komunitas itu bantuan yang dibutuhkan sebelum daerah-daerah tertentu tidak bisa diakses akibat cuaca buruk. Ia mengatakan, salju sudah turun di beberapa daerah.

XS
SM
MD
LG