Tautan-tautan Akses

Dua Roket Ganggu Loya Jirga di Kabul, Afghanistan


Para peserta 'Loya Jirga' mendengarkan pidato Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (16/11)

Para peserta 'Loya Jirga' mendengarkan pidato Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (16/11)

Aksi tembak dua roket kawanan pemberontak mengganggu berlangsungnya pertemuan para tokoh masyarakat Loya Jirga di Kabul, Afghanistan.

Polisi di Afghanistan mengatakan pemberontak telah menembakkan dua roket di ibukota, Kabul, sementara para pemimpin berkumpul untuk pembicaraan hari kedua mengenai hubungan dengan Amerika Serikat.

Para pejabat mengatakan serangan hari Kamis itu mencederai satu orang, dan satu dari roket itu mendarat sedekat satu kilometer dari tempat pertemuan.

Taliban telah mengancam akan mengganggu Loya Jirga empat hari itu, atau dewan agung, dimana lebih dari 2000 politisi, pemuka suku dan tokoh masyarakat Afghanistan membicarakan masalah utama termasuk kemungkinan pembicaraan perdamaian dengan kelompok militan itu.

Dalam pertemuan serupa tahun 2010, militan Taliban melukai tiga sipil dalam serangan dekat tempat jirga sedang diadakan.

Presiden Hamid Karzai mengatakan hari Rabu bahwa kemitraan strategis dengan Amerika Serikat, berdasarkan mana pasukan Amerika akan tetap tinggal di Afghanistan setelah tahun 2014, akan diterapkan dengan persyaratan. Ia mengatakan negaranya menghendaki kedaulatannya dan penghentian penggrebekan malam hari.

XS
SM
MD
LG