Tautan-tautan Akses

Hak Cipta Lagu ‘Happy Birthday To You’ Digugat


Lagu 'Happy Birthday to You' dilantunkan jutaan orang dalam pesta ulang tahun di seluruh dunia (foto: ilustrasi).

Lagu 'Happy Birthday to You' dilantunkan jutaan orang dalam pesta ulang tahun di seluruh dunia (foto: ilustrasi).

Seorang produser film AS menghendaki pengadilan federal menyatakan "Happy Birthday to You" adalah milik umum oleh karena itu tidak bisa dikenakan UU hak cipta.

Lagu yang dilantunkan jutaan orang dalam pesta ulang tahun di seluruh dunia menjadi subyek gugatan hukum yang baru di New York. Seorang produser film menghendaki pengadilan federal menyatakan "Happy Birthday to You" adalah milik umum oleh karena itu tidak bisa dikenakan undang-undang hak cipta.

Pemilik hak cipta lagu itu digugat pembuat film Jennifer Nelson, yang hendak menggunakan lagu tersebut dalam film dokumenter baru berjudul "Happy Birthday." Ia diminta membayar 1.500 dolar kepada perusahaan penerbitan Warner/Chapell, dari Warner Music Group.

Lagu yang akrab bagi semua orang itu diciptakan lebih dari 100 tahun lalu oleh Patty dan Mildred Hill bersaudara dengan judul, "Good Morning to All." Tahun berganti tahun lagu tersebut berkembang menjadi versinya yang sekarang, yang didaftarkan dalam Guinness Book of Records sebagai lagu paling dikenal dalam bahasa Inggris dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Gugatan hukum itu mengklaim lagu "Happy Birthday to You" adalah "adaptasi publik" dari lagu asli. Jadi, lagu itu "milik umum." Pengacara Nelson mengatakan gugatan itu juga meminta Warner /Chapell mengembalikan semua pembayaran bagi lagu tersebut yang diperolehnya dalam empat tahun terakhir, diperkirakan sekitar dua juta dolar per tahun. Jurubicara Warner/Chapell menolak berkomentar.
XS
SM
MD
LG