Tautan-tautan Akses

Geser Fokus ke Barat, Serbia Ingin Kurangi Ketergantungan pada Gas Rusia


PM Serbia Aleksandar Vucic dalam wawancara dengan VOA.

PM Serbia Aleksandar Vucic dalam wawancara dengan VOA.

PM Aleksandar Vucic mengatakan Serbia ingin menambah sumber energi alternatif dan jaringan pipa yang akan mengalirkan gas ke negara itu melalui Hungaria dan Kroasia.

Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic mengatakan kepada VOA, negaranya siap menerima imbauan Amerika untuk mengurangi ketergantungan pada gas Rusia.

Dalam wawancara di Washington hari Kamis (4/6), Vucic mengatakan Serbia ingin menambah sumber energi alternatif dan jaringan pipa yang akan mengalirkan gas ke negara itu melalui Hungaria dan Kroasia.

Vucic melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Amerika sebagai pemimpin Serbia untuk bertemu dengan para pejabat Amerika.

Dalam acara televisi VOA berbahasa Serbia, Open Studio, dia mengatakan para pejabat Amerika memberitahunya bahwa pemerintahan Obama mendukung upaya Beograd untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Perdana menteri itu juga mengatakan bahwa pemerintahannya berkomitmen untuk mencari mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan tiga lelaki bersaudara warga Amerika keturunan Albania yang berjuang bersama Tentara Pembebasan Kosovo pada akhir 1990-an.

Vucic, mantan nasionalis pro-Rusia yang telah menjadi penganjur pro-Uni Eropa, dilantik menjadi perdana menteri Serbia bulan Maret 2014. Dia berjanji akan melakukan reformasi yang menyakitkan untuk memperbaiki perekonomian Serbia, yang telah porak poranda akibat perang dan sanksi internasional.

XS
SM
MD
LG