Tautan-tautan Akses

George Clooney Luncurkan Proyek Baru, Lacak Pendanaan Konflik di Afrika


George Clooney

George Clooney

Aktor Hollywood George Clooney meluncurkan inisiatif baru untuk melacak dan membantu membawa ke pengadilan mereka yang mendanai dan mengambil keuntungan dari konflik-konflik maut di Afrika dalam upaya untuk memberantas korupsi di medan perang.

Clooney bekerja sama dengan aktivis HAM AS Prendergast dalam sebuah proyek bernama The Sentry yang bertujuan menyelidiki aliran uang ke dalam dan ke luar zona konflik dan memberi pembuat kebijakan alat-alat untuk mengambil tindakan yang efektif.

Dengan mengumpulkan data, riset di lapangan dan teknologi analisis, inisiatif ini berencana mengungkap bagaimana konflik didanai dan keuntungan disalurkan, dengan sebuah website yang mengajak orang untuk mengirim informasi dan tip-tip secara anonim.

Clooney, 54 tahun, yang giat berkampanye menyoroti penderitaan pengungsi Sudan, dan Prendergast mengatakan tujuannya adalah untuk "mencegah orang yang mengambil keuntungan dari perang untuk menikmati hasil kejahatan mereka."

"Hasil sesungguhnya dari perdamaian dan HAM akan terlihat bila orang-orang yang memanfaatkan perang untuk kepentingan bisnis harus membayar bagi kerusakan yang disebabkan mereka," ujar pemenang dua Oscar ini dalam sebuah pernyataan.

Inisiatif ini, diluncurkan beberapa hari sebelum Presiden AS Barack Obama mengunjungi Afrika, akan menyelidiki pendanaan konflik dari timur laut hingga Afrika tengah, termasuk Republik Demokratik Kongo, Republik Afrika Tengah, Sudan dan Sudan Selatan.

Inisiatif ini didorong oleh hasil temuan lembaga think tank Project for the Study of the 21st Century awal tahun ini yang menemukan jumlah korban tewas dalam konflik-konflik paling brutal di dunia naik 28 persen tahun 2014, dengan lima negara Afrika berada di antara 10 negara dengan jumlah korban terbanyak.

Ini bukan pertama kalinya Clooney dan Prendergast, seorang mantan direktur Afrika pada Dewan Keamanan Nasional AS yang mendirikan Enough Project tahun 2007, bekerja sama.

Tahun 2010 mereka meluncurkan Satellite Sentinel Project, yang menggunakan satelit untuk memetakan pelanggaran-pelanggaran HAM.

The Sentry juga mendapat dukungan Not On Our Watch, sebuah organisasi yang didirikan Clooney bersama aktor-aktor Hollywood lainnya termasuk Brad Pitt, Matt Damon dan Don Cheadle.

XS
SM
MD
LG