Tautan-tautan Akses

AS

Gempa Kanada Picu Gelombang Tsunami di Hawaii


Warga dan turis di Oahu, Hawaii mengamati permukaan air laut di Ala Wai Harbor setelah adanya peringatan tsunami akibat gempa di Kanada (27/10).

Warga dan turis di Oahu, Hawaii mengamati permukaan air laut di Ala Wai Harbor setelah adanya peringatan tsunami akibat gempa di Kanada (27/10).

Gempa berkekuatan 7,7 di lepas pantai Pasifik di Kanada memicu gelombang tsunami yang mencapai Kanada barat daya dan negara bagian Hawaii, Amerika.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 pada skala Richter yang menghantam pantai Pasifik Kanada telah memicu gelombang tsunami kecil yang melanda Kanada barat daya dan kepulauan Hawaii.

Namun, para pemantau cuaca telah mencabut peringatan tsunami bagi negara bagian Hawaii, Amerika, setelah gempa bumi besar di lepas pantai Kanada terjadi hari Sabtu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii menyatakan, ancaman tsunami telah surut dan kini warga dianjurkan untuk berhati-hati menghadapi ancaman tersebut. Tetapi Pusat tersebut memperingatkan bahwa perubahan ketinggian permukaan laut dan ombak besar masih dapat terjadi dan dapat mengancam orang-orang yang berenang dan bepergian dengan kapal di wilayah perairan itu.

Gempa bumi hari Sabtu menimbulkan tsunami sedang, dan tidak menimbulkan kerusakan besar di pesisir negara bagian California dan Hawaii serta di Kanada Baratdaya.

Ancaman mengenai gelombang yang lebih besar telah menyebabkan Gubernur Hawaii Neil Abercrombie menetapkan status situasi darurat serta mendorong warga dan wisatawan di kawasan pantai Hawaii mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Pihak berwenang juga mengeluarkan peringatan bagi penduduk di sepanjang pantai Kanada dan kawasan pesisir bagian tenggara Alaska, utara California dan selatan Oregon.

Semula diperkirakan gelombang tsunami di Hawaii itu bisa mencapai ketinggian dua meter, tapi sedemikian jauh gelombang besar itu belum tampak. Gelombang tsunami kecil setinggi 30 sentimeter dilaporkan terjadi sepanjang pantai California dan negara bagian British Columbia di Kanada.
XS
SM
MD
LG