Tautan-tautan Akses

Bill Gates, Buffett Promosikan Gerakan Amal di Beijing


Milyuner AS Bill Gates dan Warren Buffett, mempromosikan gerakan amal "Giving Pledge" bulan Juni 2010 lalu.

Milyuner AS Bill Gates dan Warren Buffett, mempromosikan gerakan amal "Giving Pledge" bulan Juni 2010 lalu.

Milyuner AS Bill Gates dan Warren Buffett menghimbau para konglomerat Tiongkok mendermakan sebagian kekayaan mereka dalam acara makan malam.

Milyuner Amerika Bill Gates dan Warren Buffett menghimbau sekelompok orang terkaya Tiongkok agar mempertimbangkan pemberian sebagian kekayaan mereka untuk didermakan. Namun, himbauan itu menghadapi tentangan dari beberapa orang dalam kelompok konglomerat Tiongkok tersebut.

Gates, salah seorang pendiri perusahaan piranti lunak Microsoft, dan investor Buffett mengundang makan malam puluhan orang terkaya Tiongkok di Beijing hari Rabu, dalam upaya mempromosikan kegiatan amal, seperti yang telah mereka lakukan di Amerika.

Kedua milyuner AS itu meluncurkan kampanye “Giving Pledge” di Amerika bulan Juni lalu, untuk meyakinkan kelompok warga terkaya di Amerika agar bersedia menyumbangkan sebagian kekayaan mereka untuk berbagai tujuan amal, baik semasa mereka masih hidup atau setelah mereka meninggal dunia.

Tetapi sejumlah media Tiongkok menyebutkan, beberapa dari mereka yang diundang dalam acara makan malam itu enggan hadir karena khawatir ditekan. Gates dan Buffett telah menegaskan bahwa mereka tidak akan menekan atau memaksa siapapun untuk mendermakan sebagian kekayaannya.

Majalah Forbes menyebutkan ada 64 orang Tiongkok memiliki kekayaan bernilai lebih dari satu miliar dolar, kebanyakan dikumpulkan dalam dua dekade terakhir.

XS
SM
MD
LG