Tautan-tautan Akses

Filipina Selidiki Kasus Penyelundupan Manusia ke Suriah


Rombongan pekerja Filipina tiba di bandara Internasional Manila dari Suriah (Foto: dok).

Rombongan pekerja Filipina tiba di bandara Internasional Manila dari Suriah (Foto: dok).

Sedikitnya 14 petugas imigrasi Filipina sedang diselidiki atas tuduhan terlibat dalam aksi penyelundupan manusia ke Suriah yang dikoyak perang.

Komisaris imigrasi negara itu, Ricardo David, mengatakan, kantornya bekerjasama dalam penyelidikan yang dilakukan satuan tugas khusus pemerintah urusan penyelundupan. Ia mengatakan, ia tidak akan mentoleransi tindakan yang tidak bertanggungjawab itu.

Tahun lalu, kata David, kantornya memecat 19 petugas imigrasi, yang membantu biro-biro perekrutan tenaga kerja ilegal di Filipina.

Kementerian Tenaga Kerja Filipina melaporkan banyak warga Filipina dari propinsi-propinsi yang miskin diimingi-imingi pekerjaan di luar negeri. Para pencari kerja, yang umumnya perempuan itu, akhirnya diperkerjakan sebagai pembantu rumah tangga dalam kondisi kerja yang memprihatinkan.

Kementerian itu mengatakan rata-rata 100 warga Filipina memasuki Suriah setiap bulannya.

Pemerintah Filipina melarang warganya bekerja di Suriah dan memerintahkan evakuasi wajib bagi warganya yang berada di sana Desember lalu, sekitar 10 bulan setelah pergolakan menentang pemerintahan pecah.

Dari sekitar 7000 warga Filipina yang diketahui berada di Suriah, sekitar 1500 di antaranya telah dipulangkan ke tanah air mereka.
XS
SM
MD
LG