Tautan-tautan Akses

FBI: Pimpinan Operasi Al Qaida Pernah 15 Tahun di AS


Adnan Shukrijumah yang berusia 35 tahun itu naik ke jabatan tersebut setelah tertangkapnya Khalid Sheikh Mohammed tahun 2003.

Kepolisian federal Amerika, FBI, mengatakan seorang pria kelahiran Saudi yang tinggal di Amerika Serikat selama lebih 15 tahun sekarang diyakini sebagai pimpinan operasi global al-Qaida.

FBI mengatakan mereka yakin Adnan Shukrijumah yang berusia 35 tahun itu naik ke jabatan tersebut setelah tertangkapnya Khalid Sheikh Mohammed, seorang perencana serangan 11 September tahun 2001 terhadap Amerika Serikat, tahun 2003.

Petugas FBI Brian LeBlanc mengatakan Shukrijumah mungkin berhubungan secara tetap dengan Osama bin Laden dan para pemimpin lain al-Qaida. LeBlanc juga mengatakan pihak berwenang yakin Shukrijumah dengan giat terlibat dalam pencarian anggota baru dan perencanaan serangan.

LeBlanc mengatakan Shukrijumah disebut tahun ini sebagai seorang perencana dalam kasus 3 pria yang dituduh merencanakan serangan terhadap jaringan kereta api bawah tanah kota New York tahun 2009. Ia juga dicurigai memegang peran dalam perencanaan serangan yang belum terlaksana di Norwegia dan Inggris.

XS
SM
MD
LG