Tautan-tautan Akses

UEFA Pilih Ketua Federasi Sepakbola Slovenia Sebagai Presiden Baru


Presiden terpilih UEFA Aleksander Ceferin di Athena, 14 September 2016 (AP Photo/Thanassis Stavrakis).

Presiden terpilih UEFA Aleksander Ceferin di Athena, 14 September 2016 (AP Photo/Thanassis Stavrakis).

Badan yang mengatur sepakbola Eropa atau UEFA, Rabu (14/9), telah memilih bos sepakbola Slovenia Aleksander Ceferin sebagai presiden baru dengan suara meyakinkan, 43 setuju lawan 13 menolak.

Ceferin akan mengambil alih jabatan yang sebelumnya dipegang Michel Platini dari Perancis. Platini, Mei lalu, dilarang terlibat dalam organisasi itu selama empat tahun karena melakukan pelanggaran etika.

Ceferin mengalahkan wakil presiden UEFA Michael van Praag dalam pemilihan itu dan akan menyelesaikan masa jabatan yang seharusnya dipegang Platini hingga tahun 2019.

Sebelum menjadi presiden UEFA, Ceferin yang berusia 48 tahun adalah ketua federasi sepakbola Slovenia dan belum pernah duduk di komisi eksekutif UEFA.

Platini dilarang hakim etika FIFA memegang jabatan dalam organisasi sepakbola karena menerima pembayaran sebesar 2 juta dolar dari badan sepakbola dunia itu atas kerjanya sebagai penasehat bagi presiden FIFA sebelumnya, Sepp Blatter. Blatter juga mengundurkan diri dari jabatannya pada 2015 sewaktu penyelidikan korupsi berlangsung.

Meskipun ada larangan itu, Platini diizinkan menyampaikan pidato kepada para delegasi UEFA Rabu. Ia memanfaatkan kesempatan itu untuk mengungkapkan ketidakbersalahannya dan berterima kasih kepada mereka yang mendukungnya selama menghadapi cobaan itu. [ab/as]

XS
SM
MD
LG