Tautan-tautan Akses

Eropa Tidak Akan Cabut Hambatan Perdagangan dengan China


Seorang polisi tengah berjaga di depan kantor delegasi Uni Eropa di Beijing, China (Foto: dok)

Seorang polisi tengah berjaga di depan kantor delegasi Uni Eropa di Beijing, China (Foto: dok)

Serikat-serikat buruh menuduh China dan Rusia menciptakan pengangguran, yang telah melanda Eropa selama 19 bulan berturut-turut sampai Desember lalu.

Kamar Dagang Eropa di Beijing mengatakan Uni Eropa tidak akan mungkin mencabut perintang perdagangan tahun ini karena kekhawatiran yang meningkat ekspor China akan mengakibatkan kehilangan pekerjaan yang sangat banyak di benua itu.

Apakah itu disebabkan kampanye pemilihan presiden di Amerika atau di jalan-jalan kota di Eropa, keprihatinan bahwa China mencuri pekerjaan sedang menyebar.

Sebelumnya bulan ini, para pekerja yang mewakili serikat buruh dalam 17 negara berdemonstrasi di Brussels membawa spanduk yang bertuliskan: ”Hentikan Kecurangan Ekspor China” dan “Tolak Status Ekonomi Pasar (MES) bagi China.” Serikat-serikat buruh menuduh China dan Rusia menciptakan pengangguran, yang telah melanda Eropa selama 19 bulan berturut-turut sampai Desember lalu.

"Keresahan demikian sangat menyulitkan para politisi Eropa mendukung tuntutan China agar diberi status ekonomi pasar," kata Joerg Wuttke, ketua Kamar Dagang Eropa di China. [gp]

XS
SM
MD
LG