Tautan-tautan Akses

Eropa Tetapkan Akhir Pekan sebagai Batas Waktu Kesepakatan dengan Yunani


Krisis ekonomi Yunani

Krisis ekonomi Yunani

Para pemimpin Eropa memberi waktu hingga akhir pekan kepada Yunani untuk mencapai kesepakatan dengan kreditor internasionalnya.

Perdana menteri Yunani, Alexis Tsipras mengatakan ia yakin dapat menyepakati dana talangan dalam batas waktu itu. Ia mengatakan hari Rabu (8/7) reformasi mesti dipikul bersama oleh rakyat, menciptakan lapangan kerja dan menggalakkan kewiraswastaan. Laporan selengkapnya disampaikan Ali Lubis.

Usai pertemuan darurat hari Selasa, para pemimpin zona Euro mengatakan tidak terkesan dengan rencana reformasi ekonomi Yunani yang dikemukakan Perdana Menteri Alexis Tsipras.

Donald Tusk, Presiden Dewan Eropa mengatakan, "Kegagalan kami mencapai kesepakatan bisa membuat Yunani bangkrut dan bank-banknya tidak punya uang. Jelas ini sangat menyakitkan bagi rakyat Yunani. Saya tidak ragu ini akan berdampak pada seluruh Eropa juga dalam arti geopolitik. Kalau ada yang berpendapat tidak demikian halnya, maka ia naif. Hanya tinggal lima hari untuk mencari kesepakatan akhir. Sejauh ini saya menghindar dari menetapkan batas waktu, namun sekarang harus saya ucapkan kuat-kuat dan jelas bahwa batas waktunya adalah sampai akhir pekan ini."

Yunani tidak sanggup membayar hutangnya 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional pekan lalu karena para menteri keuangan Eropa tidak bersedia memperpanjang program dana talangan yang diharapkan membuat Yunani bisa membayar hutang itu.

Yunani mengatakan sudah cukup menderita dengan program mengurangi anggaran, menaikan pajak dan banyak lagi syarat keras lain yang dipaksakan Uni Eropa mesti dilakukan Yunani sebelum Uni Eropa mau memberi dana talangan. Rakyat Yunani menolak program lebih lanjut lewat referandum hari Minggu lalu dan menuduh kreditor Uni Eropa menghina dan memperbudak mereka. Tuduhan ini dibantah keras oleh para pemimpin Eropa.

Jean-Claude Juncker, Presiden Uni Eropa mengatakan, "Saya menolak sekeras-kerasnya semua tuduhan dari publik dalam kampanye sebelum referandum bahwa kami tidak menghormati martabat bangsa Yunani, bahwa kami teroris, saya tidak senang dengan kata ini. Saya seteguhnya ingin mempertahankan Yunani tetap dalam zona Euro."

Juncker mengakui para pemimpin Eropa sudah mulai melakukan persiapan bagi Yunani untuk keluar dari zona Euro yang beranggotakan 19 negara.

Banyak bank di Yunani tutup dan penarikan uang tunai dari ATM dibatasi hanya 67 dolar sehari. Rak makanan di toko-toko mulai kosong dan stasiun pompa bensin mulai kehabisan minyak tanpa ada seorangpun yang tahu apa yang bakal terjadi berikutnya.

Selesai pertemuan di Brussels Perdana Menteri Tsipras berjanji akan mengambil tindakan cepat untuk memenuhi batas waktu tadi. Presiden Obama hari Selasa berbicara lewat telefon dengan Tsipras, mengulangi keyakinannya adalah bagi kepentingan semua agar Yunani dan kreditornya mencapai kesepakatan.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG