Tautan-tautan Akses

Emoji Dinobatkan Sebagai ‘Kata Terbaik Tahun Ini’


Untuk pertama kalinya emoji terpilih sebagai "kata terbaik tahun ini" versi kamus Oxford.

Untuk pertama kalinya emoji terpilih sebagai "kata terbaik tahun ini" versi kamus Oxford.

Kata terbaik tahun ini versi "The Oxford Dictionaries" justru bukan sebuah kata, melainkan (gambar) emoji.

Gambar yang secara resmi disebut "wajah orang menangis karena gembira" emoji dipilih karena dianggap "menampilkan secara tepat etos, perasaan dan suasana sebelum tahun 2015." Demikian yang disebutkan dalam blog post milik Oxford Dictionaries.

Menurut Oxford Dictionaries, “sebuah emoji adalah gambar digital atau ikon yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah ide atau perasaan dalam komunikasi elektronik."

Kata ini diambil dari bahasa Jepang, yang menggabungkan kata “e” (gambar) dan “moji” (huruf atau karakter).

Oxford Dictionaries mengatakan perusahaan itu bermitra dengan perusahaan teknologi komunikasi, SwiftKey, untuk menentukan emoji mana yang sering digunakan di seluruh dunia. Di Amerika, emoji "the Face with Tears of Joy" ini meraih 17 persen dari seluruh pengguna emoji, naik sembilan persen dari tahun lalu.

“Emoji tidak lagi hanya untuk pengiriman pesan di antara remaja," demikian dikatakan dalam blog tersebut. " Namun, emoji telah menjadi nuansa yang mencerminkan ekpresi yang dapat menembus batas perbedaan bahasa."

Sejak kapan emoji digunakan? Menurut SwiftKey, emoji mulai digunakan sejak 1997, namun penggunanya naik menjadi tiga kali lipat pada tahun 2015.

Emoji menjadi populer tahun 1999 ketika desainer Jepang Shigetaka Kurita mengeluarkan 180 emoji.​ [eis/dw]

XS
SM
MD
LG