Tautan-tautan Akses

Eksekutif Lotte Group Korsel Ditemukan Tewas Menjelang Interogasi


Kantor perusahaan Lotte Group di Seoul, South Korea Selatan (foto; ilustrasi).

Kantor perusahaan Lotte Group di Seoul, South Korea Selatan (foto; ilustrasi).

Lee In-won, 69 tahun, wakil presiden Lotte Group, ditemukan tewas, hanya beberapa jam sebelum ia diinterogasi oleh para jaksa terkait tuduhan korupsi.

Seorang eksekutif senior salah satu bisnis terbesar Korea Selatan telah ditemukan tewas, hanya beberapa jam sebelum ia diinterogasi oleh para jaksa terkait tuduhan korupsi di Lotte Group, sebuah perusahaan konglomerat yang dikelola keluarga.

Lee In-won, 69 tahun, menjabat wakil presiden Lotte Group, jabatan eksekutif tertinggi di perusahaan itu yang dipegang bukan keluarga pendirinya. Mayatnya ditemukan di dekat Seoul Jumat pagi.

Media Korea Selatan melaporkan kematian itu akibat bunuh diri.

Lee bergabung dengan perusahaan itu sejak 1973.

Ia adalah pembantu utama Shin Dong-bin. Shin tahun lalu berhasil mengatasi tantangan kakaknya dan menjadi presiden Lotte Group yang didirikan ayah mereka yang berusia 93 tahun.

Para jaksa menggerebek kantor-kantor Lotte Group pada Juni lalu sebagai bagian dari investigasi mereka mengenai tuduhan penggelapan. Investigasi yang masih terus berlangsung memaksa perusahaan itu membatalkan penawaran saham perdana untuk unit hotelnya pada Juni lalu yang sebenarnya dapat menggalang dana lebih dari 5 miliar dolar.

Selain hotel, Lotte Group juga bergerak di bisnis bahan kimia dan ritel. [uh]

XS
SM
MD
LG