Tautan-tautan Akses

Dukungan bagi Hillary Clinton Menurun di Negara Bagian Iowa


Bakal calon Presiden partai Demokrat, Hillary Clinton (kiri) dan Bernie Sanders bersaing ketat dalam survei terbaru di Iowa (foto: dok).

Bakal calon Presiden partai Demokrat, Hillary Clinton (kiri) dan Bernie Sanders bersaing ketat dalam survei terbaru di Iowa (foto: dok).

Hasil survei politik baru di Amerika menunjukkan memudarnya dukungan di negara bagian Iowa bagi bakal calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Dalam survei terbaru mengenai preferensi pemilih di negara bagian itu, Des Moines Register dan Bloomberg Politics hari Minggu (30/8) melaporkan, 37 persen pemilih Demokrat mungkin ikut pencalonan kaukus 1 Februari, mendukung mantan menteri luar negeri itu.

Calon sosialis independen, Bernie Sanders, yang berkampanye menentang pengaruh perusahaan-perusahaan besar dalam kehidupan rakyat Amerika, menarik 30 persen dukungan dalam survei itu, sedangkan 14 persen mendukung Wakil Presiden Joe Biden, yang sedang mempertimbangkan menjadi kontestan calon presiden dari partai Demokrat.

Ini pertama kali dalam empat jajak pendapat tahun ini yang menunjukkan dukungan bagi Clinton turun dibawah 50 persen. Survei-survei lain menunjukkan dukungan Clinton anjlok secara nasional. Banyak yang mempertanyakan penggunaan email pribadi ketika ia menjabat menteri luar negeri, sehingga informasi rahasia yang terungkap memungkinkan ia melanggar keamanan.

Jajak pendapat Iowa untuk para kontestan Partai Republik menunjukkan dua politisi yang paling banyak meraih dukungan adalah miliarder real estate Donald Trump dengan 23 persen dan pensiunan ahli bedah saraf Ben Carson dengan 18 persen.

Politisi Partai Republik yang mapan, umumnya mantan gubernur atau senator, meraih dukungan delapan persen atau kurang.

XS
SM
MD
LG