Tautan-tautan Akses

AS

Bakal Calon Presiden AS Temui Kelompok Pendukung


Gubernur New Jersey Chris Christie, salah satu dari 17 bakal calon presiden dari Partai Republik, berkampanye di festival Yunani di Manchester, N.H., 29 Agustus 2015.

Gubernur New Jersey Chris Christie, salah satu dari 17 bakal calon presiden dari Partai Republik, berkampanye di festival Yunani di Manchester, N.H., 29 Agustus 2015.

Bakal calon presiden Amerika dijadwalkan bertemu akhir pekan ini dengan kelompok-kelompok pendukung partai mereka masing-masing. Calon-calon dari Partai Demokrat berada di Minnesota untuk menghadiri pertemuan musim panas tahunan Komite Nasional Demokrat. Calon-calon dari Partai Republik menyampaikan pesan-pesan kampanye mereka kepada kelompok-kelompok pendukung di seluruh Amerika.

Politisi Demokrat yang telah mengumumkan nominasi pencalonan mereka, berada di Minnesota untuk pertemuan dua hari, mulai Jumat pagi (28/8). Salah seorang yang menyampaikan pidato, adalah mantan Menlu Amerika, Hillary Clinton, yang merupakan calon favorit partai itu.

"Tapi, jangan lupa apa yang telah diwariskan dari partai Republik yaitu krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar atau Great Depression. Berkat kerja keras dan pengorbanan rakyat Amerika dan kepemimpinan Presiden Obama, kita telah bangkit lagi," katanya.

Tetapi dalam konferensi pers setelah pidatonya itu, Clinton sekali lagi harus menjawab pertanyaan tentang penggunaan akun email pribadinya untuk urusan dinas sewaktu ia menjadi Menteri Luar Negeri.

"Saya tidak pernah mengirim email rahasia, ataupun menerima surat bertanda rahasia, dan kalian tahu, pertanyaan-pertanyaan itu muncul sekarang karena pertanyaan mengenai hal-hal rahasia selalu membangkitkan isu,” jawabnya.

Clinton mengatakan, setelah Departemen Luar Negeri telah menyelesaikan penyelidikannya , akan dipastikan bahwa ia tidak bersalah.

Calon lain partai Demokrat, mantan Gubernur Rhode Island, Lincoln Chafee, menyambut keberhasilan yang dicapai oleh pemerintahan Obama dan mengatakan, ia akan meneruskan perjuangan demi perdamaian.

"Saya mengalami masa perang Vietnam dan saya benar-benar ingin memastikan bahwa generasi masa depan kita tidak akan terlibat perang yang berkepanjangan,” katanya.

Sementara itu, calon-calon partai Republik membicarakan upaya memperkuat militer dan kepemimpinan Amerika di dunia.

Senator Republik, Marco Rubio berbicara hari Jumat di Charleston, South Carolina, tentang China.

"Jika terpilih, saya akan mengakhiri penciutan anggaran pertahanan dan memulihkan anggaran Pentagon ke tingkat yang pantas. Dengan demikian, akan memungkinkan kita menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh cepatnya pertumbuhan kekuatan dan kemampuan angkatan bersenjata China.”

Juga di Charleston, Gubernur Wisconsin, Scott Walker, membahas rencana untuk “memulihkan kepemimpinan Amerika di dunia.”

XS
SM
MD
LG