Tautan-tautan Akses

Dokter Pencuri Bayi di China Dijatuhi Hukuman Mati


Zhang Shuxia, dokter kandungan yang terlibat dalam penjualan bayi, di gedung pengadilan Weinan di provinsi Shaanxi, Desember 2013. (Reuters/China Daily)

Zhang Shuxia, dokter kandungan yang terlibat dalam penjualan bayi, di gedung pengadilan Weinan di provinsi Shaanxi, Desember 2013. (Reuters/China Daily)

Hukuman tersebut di China biasanya diturunkan menjadi hukuman seumur hidup kecuali terdakwa melakukan kembali kejahatan serupa dalam dua tahun.

Pengadilan China telah menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang dokter yang didapati bersalah mencuri tujuh bayi yang baru lahir dan menjualnya kepada pedagang manusia.

Pengadilan Weinan di provinsi Shaanxi, China utara, pada Selasa (14/1) mengumumkan hukuman tersebut, yang di China biasanya diturunkan menjadi hukuman seumur hidup kecuali terdakwa melakukan kembali kejahatan serupa dalam dua tahun.

Zhang Shuxia, yang mengurus kelahiran bayi di sebuah rumah sakit di kabupaten Fuping, provinsi Shaanxi, mengakui di pengadilan telah menjual tujuh bayi. Dokter kandungan perempuan berusia 55 tahun itu dituduh membujuk orangtua agar memberikan anak mereka setelah dengan berbohong mengatakan bayi mereka mempunyai penyakit keturunan yang parah.

Enam dari anak tersebut telah berhasil diselamatkan, tetapi satu meninggal setelah dijual dengan harga US$165.

Penjualan anak adalah masalah besar di China, tempat kebijakan satu anak yang ketat telah membantu menciptakan permintaan yang dimanfaatkan oleh organisasi kejahatan bawah tanah.
XS
SM
MD
LG