Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Sambut Baik Gencatan Senjata di Yaman


Sukarelawan Yaman membawa karung-karung beras untuk dibagikan kepada para pengungsi di Taiz, Yaman (9/5). (AP/Abdulnasser Alseddik)
Sukarelawan Yaman membawa karung-karung beras untuk dibagikan kepada para pengungsi di Taiz, Yaman (9/5). (AP/Abdulnasser Alseddik)

Dewan Keamanan juga menyerukan kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon agar mengadakan konferensi untuk menengahi solusi politik terhadap krisis Yaman.

Dewan Keamanan PBB menyambut baik permulaan gencatan senjata kemanusiaan di Yaman dan mendesak pihak-pihak yang berperang agar mengizinkan pangan, obat-obatan dan bahan bakar yang sangat dibutuhkan mencapai warga sipil.

Dalam pernyataan setelah penghentian pertempuran mulai berlaku hari Selasa (12/5), Dewan Keamanan juga menyerukan kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon agar mengadakan konferensi untuk menengahi solusi politik terhadap krisis Yaman.

Pertempuran di sana telah menewaskan lebih dari 1.500 orang dimana pemberontak Houthi bertempur melawan pasukan pemerintah dan koalisi udara yang dipimpin Saudi yang telah melakukan serangan udara sejak Maret.

Juru bicara koalisi Ahmed al-Assiri mengatakan Saudi mendukung gencatan senjata itu, tetapi akan terus memantau pemberontak melalui intelijens dan penerbangan pengintaian.

Houthi juga mengatakan mereka akan membalas kalau gencatan senjata dilanggar.

XS
SM
MD
LG