Tautan-tautan Akses

Demonstran Burma Usir LSM Asing


Beberapa perempuan Muslim di dekat kota Thandwe, Burma barat menangis setelah kehilangan rumahnya akibat dibakar warga dalam kekerasan sektarian (foto: dok).

Beberapa perempuan Muslim di dekat kota Thandwe, Burma barat menangis setelah kehilangan rumahnya akibat dibakar warga dalam kekerasan sektarian (foto: dok).

Para demonstran di bagian barat Burma memaksa dua LSM internasional meninggalkan kota Pauktaw setelah muncul tuduhan bahwa sebuah organisasi bantuan memihak warga Muslim Rohingya dalam bentrokan baru dengan warga Budha setempat baru-baru ini.

Demonstran di Burma barat telah menyebabkan dua LSM internasional meninggalkan sebuah kota setelah terduga bahwa sebuah kelompok bantuan memihak Muslim Rohingya dalam bentrokan baru-baru ini dengan umat Buddha setempat.

Protes dimulai awal pekan ini setelah bentrokan di dekat kota Pauktaw.

Warga Buddha setempat mengadukan kelompok Doctors Without Borders, juga dikenal dengan singkatannya dalam bahasa Prancis, MSF, hanya memberi bantuan kepada tiga warga Muslim yang terluka. Warga Budha menuduh MSF meninggalkan dua perempuan Rakhine beragama Budha yang terluka, satu di antaranya kemudian meninggal karena luka-lukanya.

Namun, seorang pejabat MSF yang berbasis di Rakhine, Michele Trinite, mengatakan kelompoknya hanya diberitahu bahwa tiga laki-laki Muslim telah terluka.

Sedikitnya dua LSM internasional, Save the Children dan Palang Merah, untuk sementara telah meninggalkan daerah tersebut karena protes yang sedang berlangsung. Belum diketahui kapan kedua LSM itu akan kembali.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG