Tautan-tautan Akses

Delegasi Taliban Afghanistan di Pakistan untuk Perundingan


Kantor Taliban Afghanistan di Doha, Qatar.

Kantor Taliban Afghanistan di Doha, Qatar.

Lawatan itu merupakan bagian dari usaha Pakistan yang secara hati-hati berusaha menghidupkan kembali perundingan perdamaian dan rekonsiliasi.

Sebuah tim perunding Taliban dari kantor kelompok pemberontak Islamis itu di Qatar, tiba di Pakistan untuk melakukan pertemuan eksplorasi dengan penguasa di Islamabad, menurut konfirmasi sumber diplomatik kepada VOA Senin (25/4).

Lawatan oleh delegasi Taliban beranggotakan tiga orang itu merupakan bagian dari usaha Pakistan yang secara hati-hati berusaha menghidupkan kembali perundingan perdamaian dan rekonsiliasi, demikian kata sumber tersebut.

Perkembangan dramatis ini terjadi pada saat Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, dalam pidato di depan parlemen nasional, menuduh Pakistan tidak berusaha mencegah buronan Taliban mempergunakan wilayahnya untuk merencanakan kekerasan di Afghanistan.

Taliban memiliki kantor di Doha, Qatar, dan diberi wewenang oleh pemimpin Taliban, Mulah Akhtar Mansoor untuk melakukan pembicaraan politik dan juga berhubungan dengan negara-negara lain. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG