Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Tuntut Pakistan agar Serahkan Para Pemimpin Taliban


Presiden Ashraf Ghani di hadapan sidang gabungan parlemen di Kabul, Afghanistan (25/4).

Presiden Ashraf Ghani di hadapan sidang gabungan parlemen di Kabul, Afghanistan (25/4).

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah menuntut kepada negara tetangganya Pakistan agar mengusir buronan para pemimpin Taliban dari wilayahnya dan menyerahkannya ke Kabul untuk diadili.

Dalam pidato kerasnya di hadapan sidang gabungan yang jarang di parlemen hari Senin (25/4), Ghani mengatakan para pemimpin Pakistan berjanji mereka akan menggunakan paksaan terhadap para pemimpin Taliban yang tidak mau mengakhiri perang dan turut dalam pembicaraan perdamaian Afghanistan.

Ia seterusnya mengatakan bahwa para pemimpin pemberontak itu terus menggunakan “pusat-pusat” mereka di kota-kota Pakistan, Peshawar dan Quetta, untuk mengarahkan pertempuran di Afghanistan.

“Kalau Pakistan tidak dapat mengambil tindakan terhadap mereka sebagaimana dijanjikan kepada kelompok empat negara, Pakistan sebaiknya menyerahkan mereka ke pengadilan Islam kami supaya mereka diadili dan dihukum atas kejahatan mereka," kata Ghani.

Kelompok empat negara yang dimaksudnya adalah Kelompok Koordinasi Quadrilateral yang terdiri dari Afghanistan, Pakistan, China dan Amerika Serikat yang telah berusaha untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdamaian antara Kabul dan Taliban sejak awal tahun ini.

Pada akhir Februari, dialog empat negara itu mengumumkan bahwa babak awal pembicaraan perdamaian Afghanistan akan dijamu oleh Pakistan awal Maret.

Tetapi, Taliban, dalam pengumuman saat terakhir, tidak mau menghadirinya dan sebaliknya melancarkan serangan musim-semi setiap tahun di Afghanistan. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG