Tautan-tautan Akses

AS

Defisit Anggaran AS Terendah dalam 8 Tahun


Menteri Keuangan AS Jacob Lew (foto: dok). Depkeu AS melaporkan defisit anggaran AS tahun 2015 terendah dalam 8 tahun terakhir.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew (foto: dok). Depkeu AS melaporkan defisit anggaran AS tahun 2015 terendah dalam 8 tahun terakhir.

Defisit anggaran Amerika tahun 2015 menciut ke level terendah dalam delapan tahun terakhir.

Defisit anggaran Amerika tahun 2015 menciut ke level terendah dalam delapan tahun, dibantu kenaikan penghasilan pajak yang jauh melampaui pengeluaran pemerintah.

Departemen Keuangan Amerika hari Kamis (15/10) mengatakan defisit tahun anggaran 2015 yang baru berakhir turun menjadi 439 miliar dollar dari 483 dollar tahun lalu. Angka itu, kata mereka, juga di bawah rata-rata dalam 40 tahun terakhir.

Kongres dan Gedung Putih masih bergelut membahas anggaran tahun depan dan telah memperpanjang anggaran saat ini hingga 11 Desember. Secara terpisah, kedua pihak itu juga sedang berdebat tentang batas utang pemerintah Amerika dengan tenggat awal November.

Defisit anggaran Amerika terus berkurang sejak berakhirnya masa resesi, dimana angkanya sempat mencapai lebih dari satu triliun dollar dalam empat tahun pertama masa jabatan Presiden Barack Obama.

Angka pengangguran juga terus berkurang. Sekitar 2,8 juta lowongan kerja dihasilkan dalam 12 bulan hingga September. Laba perusahaan juga meroket sehingga menambah penghasilan pajak pemerintah.

Pendapatan pemerintah naik 8 persen tahun ini menjadi 3,25 triliun dollar, sementara belanja naik 5 persen menjadi 3,69 triliun dollar. [th]

XS
SM
MD
LG