Tautan-tautan Akses

Clinton Tiba di Brunei Dalam Tur Asia


Menteri luar negeri AS Hillary Rodham Clinton bersama Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei. (AP/Jim Watson)

Menteri luar negeri AS Hillary Rodham Clinton bersama Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei. (AP/Jim Watson)

Hillary Rodham Clinton tiba di Brunei, masih dalam upaya mendesak negara-negara ASEAN mengelola pertikaian wilayah dengan Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Rodham Clinton telah mendarat di Brunei, menjadi menteri luar negeri Amerika pertama yang telah mengunjungi ke-10 negara anggota ASEAN.

Clinton melakukan lawatan ke enam negara Asia Pasifik yang terfokus pada upaya mendesak negara-negara ASEAN agar menggalang sikap bersama dalam mengelola pertikaian wilayah dengan Tiongkok.

Brunei adalah salah satu negara yang mengklaim Laut Cina Selatan yang kaya energi dan menjadi titik pertikaian yang kian sengit antara Tiongkok dan negara-negara tetangganya. Brunei akan menjadi ketua ASEAN tahun depan.

Dalam pembicaraan dengan Clinton di Beijing awal pekan ini, para pemimpin Tiongkok menolak tekanan Amerika untuk sepakat dengan ASEAN mengenai cara mengelola sengketa di Laut Cina Selatan. Beijing lebih memilih untuk menanganinya secara individual dengan negara saingan yang juga mengklaim wilayah itu, yang juga mencakup Taiwan, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Clinton akan menuju ke Rusia Jumat untuk bertemu para pemimpin Asia-Pasifik.
XS
SM
MD
LG