Tautan-tautan Akses

China Tuduh AS Lakukan Provokasi Militer Serius


Foto reklamasi China di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan diambil dari udara (Foto: dok).

Foto reklamasi China di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan diambil dari udara (Foto: dok).

China menuduh AS melakukan provokasi militer serius dengan menerbangkan sebuah pesawat B-52 sebelumnya bulan ini di atas pulau-pulau buatan yang dibangun China di Laut Cina Selatan.

Kementerian Pertahanan China mengatakan melalui sebuah pernyataan, Sabtu, pihaknya sempat mengeluarkan peringatan agar pesawat itu pergi ketika pelanggaran berlangsung. China mengatakan tindakan AS tersebut menimbulkan konflik militer antara kedua negara.

China mengklaim kedaulatan atas semua pulau buatan di Laut Cina Selatan itu.
Komandan Angkatan Laut AS Bill Urban mengatakan pasukannya sedang melakukan misi latihan di kawasan itu.

Urban mengatakan, pesawat itu tidak sedang dalam operasi kebebasan navigasi. Pernyataannya ini menyiratkan bahwa pesawat itu kemungkinan tanpa disengaja keluar dari jalurnya.

Operasi kebebasan navigasi adalah misi yang dilangsungkan untuk mempersoalkan apa yang diyakini AS klaim wilayah yang berlebihan yang dibuat negara-negara lain.

China, yang mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan, meningkatkan program reklamasi lahan dan konstruksi di kepulauan dan kumpulan karang yang disengketakan. Tindakan China ini merisaukan AS dan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik. [ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG