Tautan-tautan Akses

Chile Tinjau Kerusakan Setelah Gempa Hebat


Para nelayan Chile memeriksa kerusakan di pantai utara di kota Iquique, Chile pasca gempa, Rabu (2/4).

Para nelayan Chile memeriksa kerusakan di pantai utara di kota Iquique, Chile pasca gempa, Rabu (2/4).

Kawasan Chile utara diguncang gempa berkekuatan 8,2 skala Richter Selasa (1/4) malam, menewaskan sekurangnya enam orang serta memicu tsunami kecil.

Puluhan ribu warga Chile yang hari Selasa mengungsi ke daerah lebih tinggi setelah gempa hebat di lepas pantai memicu peringatan tsunami Pasifik, sudah mulai kembali ke rumah-rumah mereka sementara pihak berwenang memeriksa kerusakan.

Gempa berkekuatan 8,2 pada skala Richter yang menewaskan sekurangnya enam orang terjadi sekitar 100 kilometer di lepas pantai barat laut negara itu yang berpenduduk jarang, memicu peringatan tsunami sampai ke Jepang. Beberapa jam kemudian peringatan itu dibatalkan.

Polisi dan tentara berpatroli di daerah-daerah pantai utara Chile untuk mencegah penjarahan sementara tayangan di televisi menunjukkan rumah-rumah dan pusat-pusat perbelanjaan yang rusak di kota Iquique, 1800 kilometer di sebelah utara Santiago.

Presiden Chile Michelle Bachelet hari Rabu (2/4) mengunjungi daerah itu, mengumumkannya sebagai zona bencana. Di bagian utara, gempa itu menyebabkan listrik padam dan evakuasi di beberapa kota selatan di Peru. Tapi tidak ada laporan kerusakan atau cedera serius.

Presiden Bachelet mengunjungi kota pantai Arica dan Iquique hari Rabu, daerah-daerah yang diumumkannya sebagai zona bencana untuk meninjau upaya-upaya bantuan. Tentara akan dikirim ke daerah-daerah itu untuk mencegah penjarahan dan menjaga ketenangan.

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk daerah pantai Chile setelah gempa itu, yang berpusat 100 kilometer dari lepas pantai barat laut Chile. Selain tsunami kecil yang menyebabkan evakuasi di sepanjang pantai Pasifik negara itu, gempa itu juga menyebabkan padamnya aliran listrik di banyak tempat dan tanah longsor yang menghalangi jalan raya.
XS
SM
MD
LG