Tautan-tautan Akses

China Terbuka Bagi Pembicaraan Terkait Sengketa Pulau dengan Jepang


Menlu China Wang Yi (kiri) dan Menlu AS John Kerry sebelum pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu AS di Washington DC (19/9).

Menlu China Wang Yi (kiri) dan Menlu AS John Kerry sebelum pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu AS di Washington DC (19/9).

Menteri luar negeri China mengatakan Beijing terbuka bagi pembicaraan dengan Jepang terkait sekelompok pulau yang disengketakan, jika Tokyo terlebih dahulu bersedia mengakui adanya sengketa tersebut.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi menyampaikan komentar itu hari Jumat (21/9) dalam sebuah forum yang diselenggarakan oleh Brookings Institute di Washington.

Hubungan antara negara dengan ekonomi terbesar kedua dan keiga itu telah memburuk sejak tahun lalu ketika Jepang membeli sebagian pulau dari para pemilik swasta Jepang.

China menolak untuk mengakui pembelian itu. China menanggapinya dengan mengirim lebih banyak patroli udara dan laut ke wilayah itu, dalam apa yang dianggap sebagai upaya menantang kontrol Jepang.

Sejak itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyerukan pembicaraan tingkat tinggi untuk memperbaiki hubungan, tetapi pemerintahnya telah menolak untuk mengakui adanya sengketa kedaulatan atas pulau-pulau itu. China telah menolak tawaran pembicaraan itu karena dianggap tidak tulus.
XS
SM
MD
LG