Tautan-tautan Akses

Bom Mobil Hantam Pos Pemeriksaan di Turki, 11 Tewas


Asap mengepul akibat ledakan bom mobil di Cizre, Turki Tenggara hari Jumat (26/8).

Asap mengepul akibat ledakan bom mobil di Cizre, Turki Tenggara hari Jumat (26/8).

Ledakan bom mobil di Cizre, Turki Tenggara hari Jumat (26/8) telah menewaskan sedikitnya 11 polisi dan mencederai banyak lainnya, kata para petugas rumah sakit.

Siaran berita televisi lokal memperlihatkan asap tebal membubung ke udara setelah ledakan di lokasi yang diduga pos pemeriksaan polisi.

Ledakan hari Jumat (26/8) itu berlangsung sekitar pukul 6.30 pagi.

Pihak berwenang Turki telah bertekad akan melakukan tindakan balasan. Perdana Menteri Turki Binali Yildirim, dalam suatu konferensi pers di Istanbul menyatakan, “Kami akan memberi para penyerang pembalasan yang layak. Tak ada organisasi teroris yang dapat menyandera Turki.”

Kota Cizre berada di Simak, provinsi yang berbatasan dengan Suriah dan Irak yang memiliki populasi Kurdi yang besar.

Menurut berbagai laporan, kantor berita pemerintah Anadolu mengaitkan serangan itu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), organisasi yang masuk daftar teroris yang diyakini terlibat dalam serangkaian serangan di kawasan yang sama.

Kelompok tersebut telah mengaku bertanggungjawab atas sedikitnya satu serangan terhadap kantor polisi.

PKK memulai pemberontakan bersenjata mereka pada tahun 1985. Mereka menginginkan otonomi di wilayah yang luas di bagian tenggara Turki yang berbatasan dengan Suriah, Irak dan Iran. Puluhan ribu orang telah tewas dalam pertempuran itu.

Tahun lalu, sayap bersenjata PKK membatalkan gencatan senjata tiga tahun dengan Ankara setelah pesawat-pesawat tempur Turki menghantam

pusat-pusat pelatihan militer kelompok itu di Irak Utara sementara para pejuang PKK bertempur melawan militan ISIS. Ankara juga mengebom beberapa markas PKK lainnya. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG