Tautan-tautan Akses

Blair dan Brown Dituduh Kurang Danai Militer Inggris


Bekas panglima militer Inggris, Jenderal Dannatt melakukan kritikan keras terhadap pemerintahan Blair dan Brown dalam bukunya: "Leading from the Front".

Jenderal Richard Dannat, bekas panglima militer Inggris, menuduh bekas perdana menteri Tony Blair dan Gordon Brown menerjunkan pasukan Inggris ke dalam perang di Afghanistan dan Irak tanpa menyediakan dana yang cukup.

Jenderal Richard Dannatt mengutarakan tuduhan itu dalam bukunya yang akan segera terbit. Cuplikannya dimuat harian Sunday Telegraph. Ia mengatakan, Tony Blair tidak memiliki keberanian moral untuk mendesak menteri keuangan waktu itu, Gordon Brown, supaya menyalurkan dana yang diperlukan untuk kedua perang tersebut.

Buku karya Jenderal Dannatt, Leading from the Front, dianggap sebagai kritik keras pertama terhadap pemerintahan Blair dan Brown yang dilontarkan tokoh senior yang menjabat di bawah pemerintahan mereka.

Jenderal itu menuduh Brown menolak mendanai apa yang telah disepakati pemerintahnya sendiri. Ia juga mengatakan, usaha untuk menekan pemerintah Inggris bahwa militer beroperasi tanpa biaya yang memadai, dalam kata-katanya, "seperti mendorong batu karang mendaki bukit yang terjal".

XS
SM
MD
LG