Tautan-tautan Akses

Utusan Inggris untuk Afghanistan Letakkan Jabatan


Dutabesar Inggris, Sherard Cowper-Coles.

Dutabesar Inggris, Sherard Cowper-Coles.

Dalam pernyataan Rabu ini, Departemen Luar Negeri Inggeris menyebutkan bahwa Dutabesar Sherard Cowper-Coles akan segera mundur.

Kantor Departemen Luar Negeri Inggris mengatakan, utusan khusus negeri itu untuk Afghanistan dan Pakistan telah meletakkan jabatan. Dalam pernyataan Rabu ini, Departemen Luar Negeri Inggeris menyebutkan bahwa Dutabesar Sherard Cowper-Coles akan segera mundur.

Cowper-Coles telah mengambil cuti sejak bulan Juni, menyusul laporan-laporan telah terjadinya perselisihan pendapat dengan para pejabat AS dan NATO dalam hal kebijakan terhadap Afghanistan.

Dalam pernyataan tadi, MenLu Inggris, William Hague, tidak menyebutkan sesuatupun tentang perbedaan pendapat yang ada, melainkan hanya memuji jasa Cowper-Coles.

Menurut Hague, Cowper-Coles akan digantikan oleh diplomat Karen Pierce, yang saat ini menjabat sebagai direktur urusan kawasan Asia Selatan dan Afghanistan, Departemen Luar Negeri Inggris. Sementara itu, mengacu kepada kerusuhan yang terjadi Rabu ini, NATO melaporkan, seorang tentara tewas dalam pertempuran dengan pemberontak di Afghanistan selatan. Tidak ada rincian lebih jauh mengenai nama atau kebangsaan tentara yang gugur tersebut.

XS
SM
MD
LG