Tautan-tautan Akses

Bill dan Hillary Clinton Tiba di Haiti untuk Bantu Promosikan Investasi


Menlu AS Hillary Clinton dan mantan Presiden Bill Clinton mengunjungi Haití untuk mempromosikan investasi di sana (22/10).

Menlu AS Hillary Clinton dan mantan Presiden Bill Clinton mengunjungi Haití untuk mempromosikan investasi di sana (22/10).

Bill Clinton dan Hillary memimpin delegasi investor asing dan sejumlah selebriti guna membantu perekonomian Haiti pulih dari gempa bumi tahun 2010.

Bill Clinton dan istrinya Hillary hari Senin tiba di Haiti utara memimpin delegasi investor asing dan sejumlah selebriti guna memperagakan bagian paling penting dalam usaha Amerika membantu negara itu pulih dari gempa bumi tahun 2010.

Delegasi itu akan hadir bagi pembukaan sebuah kawasan perindustrian, yang berjarak sekitar 160 kilometer dari zona yang pulih dari gempa secara lamban. Sebelumnya, ribuan warga Haiti – banyak yang berdiri diluar gubuk pinggir jalan – melambaikan tangan ke arah iring-iringan mobil Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton sewaktu keluar dari bandara.

Clinton dan beberapa pejabat Amerika lainnya, termasuk Menteri Tenaga Kerja Hilda Solis dan Senator Patrick Leahy, meninjau kompleks perumahan bagi para pekerja kawasan industri yang didanai oleh Badan Amerika Untuk Pembangunan Internasional (USAID).

Clinton mengatakan kepada para investor yang hadir bahwa ia menjadikan Haiti salah satu prioritas ketika ia diangkat menjadi menteri luar negeri.

Mantan presiden Bill Clinton – yang kini menjadi utusan khusus PBB untuk Haiti – tiba di Caracol, Haiti, secara terpisah. Pasangan Clinton itu dan mitra-mitra mereka berharap bahwa fasilitas perindustrian bernilai 300 juta dollar tersebut akan mengubah bagian utara negara miskin itu dengan menyediakan ribuan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan.

Beberapa pihak di Haiti memiliki perbedaan pandangan yang tajam. Mereka mengatakan Taman Perindustrian Caracol tidak lebih dari pengulangan upaya-upaya gagal masa lampau dan berpendapat akan lebih banyak menguntungkan pihak luar ketimbang warga Haiti.
XS
SM
MD
LG