Tautan-tautan Akses

AS

Bayi Panda Kebun Binatang Smithsonian Dinamai Bao Bao

  • David Byrd

Bayi panda raksasa diukur saat berusia 100 hari di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington (29/11). (Foto: Kebun Binatang Smithsonian)

Bayi panda raksasa diukur saat berusia 100 hari di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington (29/11). (Foto: Kebun Binatang Smithsonian)

Nama Bao Bao, yang berarti "berharga" atau "harta karun" dipilih berdasarkan pemungutan suara publik di dunia maya.

Setelah 100 hari dan lebih dari 123.000 suara, bayi panda yang lahir di Kebun Binatang Nasional Smithsonian sekarang telah memiliki nama, yaitu Bao Bao. Berarti "berharga" atau "harta karun", nama itu dipilih melalui pemungutan suara secara publik di dunia maya.

Di tengah tarian barongsai yang memeriahkan suasana, ratusan pencinta panda memadati Plaza Panda di kebun binatang itu untuk mengetahui nama bayi panda tersebut.

Bayi panda betina itu lahir pada 23 Agustus dari induk Mei Xiang, salah satu dari dua panda yang ada di kebun binatang tersebut. Sampai saat ini, bayi itu -- yang telah memikat para penonton daring di seluruh dunia lewat "Panda Cam" - hanya dipanggil "dia."

Lima nama telah diusulkan: Bao Bao; Ling Hua atau sayang, bunga halus; Long Yun, tanda keberuntungan untuk kerja sama antara China dan AS; Mulan, pendekar perempuan China legendaris; dan Zhen Bao, yang berarti harta atau berharga.

Ada 123.039 suara yang dijaring sampai tenggat 22 November. Direktur Kebun Binatang Dennis Kelly mengumumkan nama yang dipilih Minggu (1/12).

Bayi panda bernama Bao Bao.

Bayi panda bernama Bao Bao.

Bayi itu menerima namanya ketika mencapai usia 100 hari. Duta Besar China untuk Amerika Serikat Cui Tiankai mengatakan, pemberian nama itu merupakan tanda harapan untuk umur panjang.

"Dalam tradisi China, perayaan 100 hari itu sangat unik dan penting, karena itu mewakili harapan bahwa bayi akan tumbuh dalam suka cita dan kesehatan yang baik serta akan hidup sampai lebih 100 tahun," ujarnya.

Kerri-Ann Jones dari Biro Kelautan dan Internasional serta Urusan Lingkungan dan Ilmiah pada Kementerian Luar Negeri, mengatakan bahwa bayi panda baru itu mewakili harapan bahwa spesies itu akan berlanjut.

"Panda-panda seperti Mei Xiang dan Tian Tian, dan sekarang panda kecil ini, membantu orang-orang di seluruh dunia mempelajari hewan-hewan yang menarik ini dan memahami pentingnya merawat alam dan habitat alami di sekitar kita," ujarnya.

Ratusan orang memadati Plaza Panda di kebun binatang untuk perayaan tersebut. Mike Wilmeth dari Woodbine, Maryland, beserta istrinya Susan dan putra-putra mereka -- yang memakai topi bisbol panda -- mengatakan mereka tidak sabar menunggu upacara pemberian nama itu.

"Kami sudah berniat datang sejak panda itu lahir," ujar Mike. "Pada saat ia lahir, kami tahu akan ada upacara pemberian nama."

"Sangat menyenangkan. Kami telah menunggunya sejak ia lahir," ujar Susan. "Kami membaca di (harian) The Washington Post bahwa akan ada upacara pemberian nama dan kami telah mengecek tanggal perayaannya."

Upacara itu juga menyertakan pesan video khusus dari Ibu Negara AS Michelle Obama dan Ibu Negara China Peng Liyuan. Keduanya memberi selamat pada kebun binatang atas keberhasilan kelahiran bayi dan tonggak sejarah 100 hari itu.

Bao Bao akan tinggal di tempat khusus bersama ibunyan untuk beberapa bulan. Pihak kebun binatang mengatakan ia akan diperlihatkan ke publik awal tahun depan. Bao Bao akan tetap berada di Kebun Binatang Smithsonian Zoo sampai ia berusia empat tahun, saat ia akan dikirim kembali ke China untuk memproduksi bayi sendiri.
XS
SM
MD
LG