Tautan-tautan Akses

Bayi Jerapah Rothschild Langka Lahir di Kebun Binatang Chester di Inggris


Seekor anak jerapah Rothschild yang langka telah lahir di Kebun Binatang Chester di Inggris, Selasa, 12 Maret 2024. (Facebook/chesterzoo1)
Seekor anak jerapah Rothschild yang langka telah lahir di Kebun Binatang Chester di Inggris, Selasa, 12 Maret 2024. (Facebook/chesterzoo1)

Seekor anak jerapah Rothschild yang langka telah lahir di Kebun Binatang Chester di Inggris.

Anak jerapah setinggi enam kaki atau sekitar 1,8 meter yang belum diberi nama itu lahir dengan selamat pada hari Selasa (12/03) dari induknya Orla setelah melalui proses melahirkan selama tiga jam yang direkam CCTV.

Dengan berat 70 kilogram, kaki bayi jerapah itu awalnya goyah namun kemudian dapat berdiri dengan tegak, dikelilingi oleh induknya dan jerapah-jerapah lainnya. Penjaga kebun binatang belum mengumumkan apakah bayi jerapah itu jantan atau betina.

Bayi jerapah itu diperkirakan bisa tumbuh setinggi 5,4 meter ketika dewasa dan memiliki berat hingga sekitar 1.000 kilogram.

Saat ini hanya ada sekitar 2.500 jerapah Rothschild di alam liar, dan termasuk salah satu jenis hewan mamalia di dunia yang terancam punah.

Jerapah Rothschild dinamai sesuai dengan nama pakar zoologi Lord Walter Rothschild, pendiri Museum Sejarah Nasional di Tring, Hertfordshire, Inggris. Jerpah jenis ini tidak memiliki bintik-bintik di bawah lutut dan memiliki garis putih pemisah yang lebih lebar.

Bayi jerapah yang baru lahir ini merupakan bagian dari program pengembangbiakan spesies terancam punah.

Berkat kepedulian Kebun Binatang Chester dan mitra-mitranya, jumlah jerapah di Uganda meningkat secara perlahan. [lj/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG