Tautan-tautan Akses

AS: Taiwan Harus Berperan Lebih Besar dalam Ekonomi Global

  • Ralph Jennings

Senator AS dari negara bagian New Jersey, Robert Menendez.

Senator AS dari negara bagian New Jersey, Robert Menendez.

Salah satu petinggi Senat AS menganjurkan Taiwan mengambil peran ekonomi global yang lebih besar sementara Washington menggeser prioritasnya terhadap Asia.

Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat Amerika, Robert Menendez, mengatakan kepada para pemimpin bisnis Amerika di Taipei bahwa Taiwan dan Amerika harus menegosiasikan kesepakatan investasi dan memperbolehkan Taiwan masuk ke dalam Kemitraan Trans Pasifik, aliansi perdagangan bebas pimpinan Amerika.

Taiwan juga menghendaki hubungan perdagangan dan investasi yang lebih erat dengan Amerika untuk membantu memperluas ekonominya yang didorong ekspor.

Dalam pidato di hadapan Kamar Dagang Amerika di Taipei, Menendez merekomendasikan pakta investasi itu dan masuknya Taiwan ke dalam kemitraan (TPP) dengan sejumlah syarat.

"Saya mendukung diskusi antara Amerika dan Taiwan mengenai perjanjian investasi bilateral dan saya telah menyampaikan dukungan kuat kepada perwakilan perdagangan Amerika," ujar Menendez. Saya juga mendukung upaya keanggotaan Taiwan di masa depan dalam TPP, asalkan Taiwan bersedia mendukung perjanjian berstandar tinggi dan komprehensif yang mencakup banyak isu, termasuk tenaga kerja dan lingkungan, manipulasi mata uang dan hak kekayaan intelektual sebagai elemen penting dari perjanjian itu."

TPP adalah kesepakatan luas untuk menghubungkan 12 negara, termasuk Jepang, Vietnam, Australia, Meksiko dan Amerika, dalam perjanjian perdagangan bebas yang komprehensif. Kelompok ini saat ini tidak termasuk Tiongkok, yang sering berselisih dengan saingannya, Taiwan.

Tiongkok dan Amerika, bekas musuh Perang Dingin, masih tidak percaya satu sama lain secara militer. Kedua sekutu informal sejak lama, Taiwan dan Amerika, mengupayakan hubungan yang lebih baik dengan Tiongkok yang ekonominya kian berkembang. Menendez mengatakan poros Amerika ke Asia, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan diplomatik dan militer, tidak diarahkan terhadap Tiongkok, seperti yang dikhawatirkan Beijing, dan mencatat itu juga mencakup penekanan pada hubungan ekonomi.

"Keterlibatan Amerika yang konstruktif dan strategis di Asia merupakan kepentingan semua bangsa di kawasan itu, terutama jika kita menciptakan cara-cara untuk melembagakan kerjasama dan menghadapi persaingan, menciptakan tatanan berbasis aturan di kawasan Asia-Pasifik," jelasnya.

Senator Menendez, seorang Demokrat dari negara bagian New Jersey, dalam perjalanan pertamanya ke Asia sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Ia melakukan perjalanan ke Korea Selatan hari Sabtu sebelum persinggahan terakhir di Tiongkok minggu depan.
XS
SM
MD
LG