Tautan-tautan Akses

AS

AS Rayakan Memorial Day, Obama Temui Veteran


Seorang perwira Angkatan Laut memberikan penghormatan kepada para pengendara sepeda motor yang melintas di jalan saat parade tahunan 'Rolling Thunder' memperingati Memorial Day di Washington (27/5).

Seorang perwira Angkatan Laut memberikan penghormatan kepada para pengendara sepeda motor yang melintas di jalan saat parade tahunan 'Rolling Thunder' memperingati Memorial Day di Washington (27/5).

Amerika Serikat memperingati 'Memorial Day', hari libur Nasional yang biasanya digunakan untuk menghormati pahlawan negara sekaligus permulaan tidak resmi cuti musim panas.

Presiden Amerika Barack Obama berencana menghormati pahlawan negara yang gugur dalam perang dengan menggunakan hari libur Memorial Day hari Senin (28/5) untuk bertemu dengan para veteran serta keluarga mereka, sementara masyarakat di seluruh Amerika menyelenggarakan perayaan mereka masing-masing.

Presiden akan mengunjungi tugu peringatan veteran perang Vietnam, serta makam pahlawan nasional Arlington dekat Washington, dimana tentara telah menempatkan bendera Amerika pada hampir 260 ribu makam.

Hari peringatan besar-besaran pertama dari apa yang semula disebut Hari Dekorasi itu diadakan di makam tersebut tahun 1868, tiga tahun setelah Perang Saudara berdarah yang menewaskan lebih dari 600 ribu orang.

Obama mengatakan dalam pidato mingguannya bahwa hari libur itu adalah waktu bagi negara untuk menghormati mereka yang telah melakukan pengorbanan tertinggi dan untuk menegaskan kembali janjinya untuk merawat tentara yang pulang dari perang.

Banyak warga Amerika mendapat hari libur dari pekerjaan dan sekolah hari ini, dan libur panjang akhir pekan itu dipandang sebagai permulaan tidak resmi cuti musim panas. Perayaan hari libur ini juga berupa piknik atau kunjungan ke pantai, taman atau lahan perkemahan.

Cuaca telah mempengaruhi banyak rencana libur tahun ini, dimana badai guntur mempersingkat konser tahunan di lapangan nasional Washington Minggu malam dan badai tropis mencapai daratan di negara bagian Florida, bagian tenggara Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG