Tautan-tautan Akses

AS, Eropa Batalkan Penerbangan ke Israel


Para penumpang di bandara Ben Gurion, Tel Aviv melihat jadwal penerbangan (23/7). Maskapai AS dan Eropa membatalkan penerbangan ke bandara ini.

Para penumpang di bandara Ben Gurion, Tel Aviv melihat jadwal penerbangan (23/7). Maskapai AS dan Eropa membatalkan penerbangan ke bandara ini.

Juru bicara Deplu AS Rabu (23/7) mengatakan bahwa militan Hamas memiliki roket-roket yang bisa menjangkau bandara Ben Gurion di Tel Aviv, Israel.

Maskapai-maskapai Amerika dan Eropa hari Rabu (23/7) membatalkan lebih banyak lagi penerbangan ke Israel setelah serangan roket dari Gaza awal minggu ini mengguncang daerah dekat bandara internasional negara itu.

Mengacu pada “situasi yang berpotensi berbahaya” sementara Israel dan Hamas terus saling menyerang, Badan Penerbangan Federal Amerika memperpanjang larangan terbang 24 jam bagi maskapai seperti Delta, American dan United ke bandara Ben Gurion di pinggiran Tel Aviv.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Marie Harf hari Rabu mengatakan Hamas memiliki roket-roket yang bisa menjangkau bandara Ben Gurion, tetapi akurasi senjata-senjata itu terbatas.

Rabu malam, menteri transportasi Israel mengumumkan mereka akan membuka bandara Ovda sebagai alternatif. Ovda terletak jauh di Gurun Negev dan biasanya digunakan untuk pesawat militer. Sejumlah langkah akan diambil untuk mengakomodasi pesawat-pesawat sipil.

Maskapai-maskapai Eropa mengatakan bandara Ovda terlalu kecil dan terpencil dari Tel Aviv dan Yerusalem. Lufthansa, Air France, KLM, Alitalia, Scandinavian Airlines dan LOT dari Polandia telah menangguhkan semua penerbangan ke Israel.

Namun British Airways di Inggris hari Rabu mengatakan belum membatalkan jadwal penerbangan mereka dua kali sehari ke Tel Aviv dan belum berencana melakukannya dalam waktu dekat.

Bentrokan baru antara Israel dan Hamas mengakibatkan zona penerbangan di Israel selatan dan Gaza penuh dengan artileri, roket dan serangan mortir dalam 16 hari ini.

XS
SM
MD
LG