Tautan-tautan Akses

AS Berusaha Dapatkan Dukungan Asia Tenggara dalam Menekan Korut


Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson berpose dengan Menteri Luar Negeri ASEAN di Departemen Luar Negeri di Washington DC, A.S., 4 Mei 2017.

Para Menteri Luar Negeri Asia – Pasifik mengatakan Korea Utara harus mematuhi semua resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut agar negara itu menghentikan program nuklirnya.

Para Menteri Luar Negeri itu berada di Washington, D.C, Kamis untuk menghadiri pertemuan khusus ASEAN dengan tuan rumah Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson.

Tillerson dan pemerintah Trump berusaha mendapat dukungan ASEAN bagi usaha Amerika menekan Korea Utara agar menghentikan peningkatan senjatanya, termasuk usaha untuk membangun misil nuklir yang mampu menghantam Amerika.

Banyak perhatian Amerika telah ditujukan pada Tiongkok – sekutu utama Korea Utara. Tetapi ke-10

negara ASEAN memiliki hubungan diplomatik dengan Pyongyang. Amerika yakin mereka juga dapat menekan Korea Utara, termasuk tekanan ekonomi.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Tillerson dan para menteri luar negeri tersebut juga membahas perlunya untuk “meyakinkan terwujudnya pelaksanaan sepenuhnya dan efektif” dari deklarasi bersama tahun 2002 dengan Tiongkok yang menjanjikan penyelesaian damai persengketaan teritorial di Laut Cina Selatan.

Tiongkok dan beberapa negara anggota ASEAN, termasuk Filipina dan Vietnam, telah mengklaim beberapa bagian laut itu. Mereka menuduh Tiongkok menggunakan kekuatan ekonomi dan militernya untuk mengintimidasi mereka.[sp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG