Tautan-tautan Akses

60 Persen Warga AS Inginkan Penarikan Pasukan dari Afghanistan


MIliter Amerika yang bertugas di Afghanistan (Foto: dok)

MIliter Amerika yang bertugas di Afghanistan (Foto: dok)

Hasil survei ABC News-Washington Post menunjukkan bahwa 60 persen warga Amerika yakin perang di Afghanistan terlalu besar pengorbanan dan biayanya dibanding manfaat yang diperoleh.

Survei itu mendapati bahwa hanya 35 persen warga Amerika yakin bahwa perang 10 tahun itu masih perlu walaupun dengan biaya dan korban jiwa yang diderita.

Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, kaum Republik yang disurvei persis terbagi dua mengenai apakah perang itu dapat membenarkan biaya dan pengorbanan yang ditanggung Amerika.

Hasil survei itu menunjukkan 54 persen dari semua warga Amerika menghendaki Amerika menarik pasukannya dari Afghanistan, biarpun tentara Afghanistan tidak secukupnya terlatih untuk meneruskan perang. Tetapi, survei itu mendapati kira-kira enam dari 10 anggota partai Demokrat dan independen yang mendukung sikap ini, sementara hanya empat dari 10 kaum Republik yang mendukungnya.

Sementara itu, hanya 30 persen warga Amerika yakin bahwa sebagian besar warga Afghanistan mendukung usaha Amerika di negara mereka.

Amerika Serikat dan sekutunya NATO berencana menarik pasukan mereka dari Afghanistan sebelum akhir tahun 2014 dan menyerahkan operasi keamanan kepada tentara Afghanistan.

XS
SM
MD
LG