Tautan-tautan Akses

Amerika Rayakan Hari Kelahiran Presiden Pertama


Potret Mendiang Presiden Amerika George Washington di Museum National Portrait Gallery, Washington DC (Foto: dok).

Potret Mendiang Presiden Amerika George Washington di Museum National Portrait Gallery, Washington DC (Foto: dok).

Februari adalah bulan kelahiran dua presiden Amerika yang paling dihormati, George Washington dan Abraham Lincoln.

Jutaan warga Amerika memperoleh hari libur hari ini dan tidak bekerja, untuk memperingati hari lahir Presiden pertama George Washington.

Sekalipun hari libur federal ini dengan resmi diakui sebagai hari Washington, hari ini sering disebut sebagai Hari Presiden sebagai perayaan yang lebih luas untuk menghormati para pemimpin negara.

Sebagian besar kantor pemerintah federal dan gedung-gedung tutup, demikian juga bank-bank, bursa efek dan kantor pos. Banyak toko menggunakan libur panjang akhir pekan ini untuk menjual dengan obral khusus barang dagangan mereka.

Hari libur yang menghormati hari kelahiran Washington pertama kali dirayakan dengan resmi tahun 1885. Ia lahir tanggal 22 Februari, tetapi Kongres menyetujui undang-undang tahun 1968 yang memindahkan perayaan resmi ke hari Senin ke-3 bulan Februari.

Pemindahan itu adalah bagian dari usaha untuk menggeser beberapa hari libur ke hari Senin tertentu untuk memberi kepada pekerja lebih banyak libur panjang akhir pekan sepanjang tahun.

Tetapi, karena keanehan kalender, penghormatan George Washington pada hari Senin ketiga berarti hari libur itu tidak akan pernah jatuh pada hari kelahiran Washington yang sebenarnya.

XS
SM
MD
LG