Tautan-tautan Akses

'American Idol' Pilih Pemenang Musim Terakhir

  • Associated Press

Juara American Idol 2016 Trent Harmon (kiri, berdiri) bersama sesama finalis kompetisi menyanyi tersebut di West Hollywood, California (25/2). (Reuters/Mario Anzuoni)

Juara American Idol 2016 Trent Harmon (kiri, berdiri) bersama sesama finalis kompetisi menyanyi tersebut di West Hollywood, California (25/2). (Reuters/Mario Anzuoni)

"American Idol" yang suatu kali merupakan raja 'rating', telah menghadapi penurunan jumlah penonton sebelum stasiun televisi Fox akhirnya memutuskan akan mengakhiri acara itu tahun ini.

Final "American Idol" musim pertama tahun 2002 merupakan perseteruan lawan jenis, antara Kelly Clarkson sang juara dan Justin Guarini.

Kompetisi musim terakhir menyamakan skor dengan kemenangan Trent Harmon atas La'Porsha Renae hari Kamis (7/4).

Harmon, 24, yang menggambarkan dirinya hanyalah seorang "cowok dari Mississippi," bekerja melayani tamu di restoran keluarganya di Amory sebelum mencoba ikut "American Idol."

Renae, 22, juga dari Mississippi, yaitu kota McComb, adalah seorang ibu tunggal yang menginspirasi penonton dengan kemenangannya atas kekerasan dalam rumah tangga, selain suaranya yang dahsyat.

"American Idol," yang suatu kali merupakan raja 'rating' yang mempengaruhi televisi dan musik, telah menghadapi penurunan jumlah penonton sebelum stasiun televisi Fox akhirnya memutuskan akan mengakhiri acara itu tahun ini.

Produser eksekutif serial tersebut, Nigel Lythgoe, menjanjikan acara final yang merayakan sejumlah besar kontestan, bukan bintang tamu bernama besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Ia memenuhi janji tersebut.

Acara menampilkan pemenang-pemenang sebelumnya, mulai dari Scotty McCreery, Taylor Hicks dan Diana DeGarmo. Wajah-wajah yang tak asing lagi juga muncul bernyanyi solo atau dalam kelompok, termasuk Kelly Clarkson, Carrie Underwood, Jennifer Hudson, David Cook, Fantasia, Ruben Studdard, Jordin Sparks dan Kimberley Locke.

Para juri "American Idol", Keith Urban (kiri), Jennifer Lopez (tengah), dan Harry Connick, Jr.

Para juri "American Idol", Keith Urban (kiri), Jennifer Lopez (tengah), dan Harry Connick, Jr.

Para juri juga beraksi, seperti Keith Urban yang berduet dengan Underwood, dan Harry Connick Jr. bernyanyi bersama penyanyi muda penyintas badai Katrina, Marley Fletcher. Sementara itu, Jennifer Lopez menyanyikan lagu baru.

Juri-juri formasi awal, Simon Cowell, Paula Abdul dan Randy Jackson, juga muncul di atas panggung.

"Saya merasa cukup emosional saat ini," ujar Cowell, yang biasanya bermulut pedas.

Presiden AS Barack Obama menjadi kejutan saat muncul di awal acara lewat video. Ia menyelamati acara yang telah berlangsung 15 tahun itu dan bahwa kompetisi itu telah memotivasi jutaan anak muda untuk memilih kontestan.

Ia kemudian meminta warga Amerika untuk memperlihatkan semangat yang sama untuk memilih calon presiden.

"Saya percaya seharusnya prosesnya semudah memilih dalam 'American Idol.' Dan kami sedang berupaya untuk itu," ujar Obama.

"American Idol" muncul pertama kali bulan Juni 2002, yang merupakan adaptasi dari serial hit di Inggris, "Pop Idol." Acara itu melesat popularitasnya di kalangan penonton Amerika. "American Idol" memberikan versi baru dari sebuah mimpi, dengan ribuan orang mengantre untuk audisi dan mencoba keberuntungan mereka.

Stasiun televisi lainnya mengikuti jejak Fox, seperti "Dancing With the Stars" di ABC, dan "The Voice" di NBC, yang mengambil alih kepopuleran "American Idol."

Namun tidak ada acara pencarian bakat di televisi yang telah mencapai rekam jejak ketenaran kontestan yang sama dengan Idol. Meski kekuatannya menurun beberapa tahun terakhir, para pemimpi tidak menyerah, dengan sekitar 75.000 orang ikut audisi di lima kota musim ini. [hd]

XS
SM
MD
LG