Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA! Apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, Welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah frasa atau sekumpulan kata yang punya arti tersendiri dan tidak bisa diterjemahkan secara harfiah sehingga membuat bingung banyak siswa kursus bahasa Inggris. Salah satu di antara sekian ribu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah ..Brandon?

Brandon: DON’T BET ON IT sekali lagi DON’T BET ON IT

Irna: Artinya jangan percaya bahwa itu bakal terjadi. DON’T ejaannya D-O-N’T adalah singkat dari DO NOT artinya jangan, BET ejaannya B-E-T artinya bertaruh ON ejaannya O-N antara lain artinya di atas atau mengenai dan IT ejaannya I-T.
Kita simak contohnya

Brandon: The governor said that he’ll not run for a second term, but don’t bet on it. Politicians are known to make such promises, but most of the time they don’t keep their promises.

Irna: Artinya: Sang gubernur mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua, tetapi jangan percaya itu bakal terjadi. Politisi umumnya membuat janji semacam itu, tetapi mereka pada umumnya memungkiri janji.

Lawan idiom DON’T BET ON IT adalah:

Brandon: YOU CAN BET ON IT sekali lagi YOU CAN BET ON IT

Irna: Artinya besar kemungkinan itu akan terjadi atau bisa juga berarti pasti benar, secara harfiah artinya kita berani bertaruh itu pasti terjadi. Kita simak contoh idiom YOU CAN BET ON IT:

Brandon: She will accept the job offer from the United States and postpone her wedding, you can bet on it. This is a golden opportunity for her career.

Irna: Artinya: Aku berani bertaruh dia pasti akan menerima tawaran kerja dari Amerika itu dan menunda pernikahannya. Ini merupakan kesempatan emas bagi karirnya.

Idiom yang kita bahas tadi adalah:

Brandon: DON’T BET ON IT dan YOU CAN BET ON IT.

Irna: Hanya sekian untuk hari ini. Terima kasih atas kebersamaan Anda.

Brandon: Friends, that’s it for today but we’ll be back soon. Until then, so long and thanks for listening.
XS
SM
MD
LG