Tautan-tautan Akses

Al-Qaida Klaim Pemboman di Mali


Abdelhamid Abou Zeid, salah seorang pemimpin al-Qaida Maghreb Islam (AQIM/ foto: dok). AQIM mengklaim melakukan pemboman di Mali.

Abdelhamid Abou Zeid, salah seorang pemimpin al-Qaida Maghreb Islam (AQIM/ foto: dok). AQIM mengklaim melakukan pemboman di Mali.

Al-Qaida cabang Afrika Utara dilaporkan telah mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di Mali yang menewaskan sedikitnya empat orang.

Kantor berita Mauritania, Alakhbar, melaporkan al-Qaida Maghreb Islam (AQIM) mengaku melancarkan serangan bom mobil hari Sabtu (28/9) di dekat sebuah kamp militer di kota Timbuktu, Mali utara.

Belum ada konfirmasi independen, namun AQIM dan kelompok jihad lainnya di kawasan itu sering menggunakan kantor berita Mauritania untuk membuat klaim tanggung jawab.

Pelaku jihad yang berbicara kepada Alakhbar mengatakan bom mobil itu menewaskan 16 orang. Pejabat Mali mengatakan serangan tersebut menewaskan kedua penumpang kendaraan tersebut dan dua warga sipil di dekatnya.

Sementara itu, pasukan pemerintah Mali bentrok dengan pemberontak Tuareg untuk hari kedua di kota Kidal, Mali utara.

Saksi mengatakan baku tembak sengit terjadi di dekat sebuah bank pada Minggu malam dan dilanjutkan pada pagi hari.

Para pemberontak mundur dari pembicaraan damai dengan pemerintah Kamis lalu, sehingga menjadi pukulan bagi upaya perdamaian di Mali.
XS
SM
MD
LG