Tautan-tautan Akses

Aktivis Suriah: 23 Tentara Tewas dalam Bentrokan


Para pemberontak Suriah menolong rekannya yang terluka dalam bentrokan dengan tentara pemerintah di kota Rastan (14/5).

Para pemberontak Suriah menolong rekannya yang terluka dalam bentrokan dengan tentara pemerintah di kota Rastan (14/5).

Para aktivis mengatakan para pemberontak Suriah berhasil menewaskan 23 tentara pemerintah dalam bentrokan di dekat kota Rastan.

Bentrokan di kota Rastan itu merupakan salah satu hari paling berdarah bagi pasukan pemerintah dalam pergolakan yang telah berjalan selama 14 bulan.

Bentrokan hari Senin pecah setelah kota itu, yang terletak sekitar 25 kilometer arah utara Homs, digempur besar-besaran dengan meriam oleh militer Suriah. Sejumlah orang cedera dan beberapa kendaraan militer hancur dalam bentrokan.

Bentrokan tersebut makin melemahkan gencatan senjata selama sebulan yang makin rapuh akibat bentrokan terus menerus antara pemberontak dan pasukan pemerintah, serta serangan atas warga sipil oleh tentara Suriah. Hampir 200 orang pemantau PBB saat ini berada di Suriah dalam usaha mengurangi kekerasan.

Amerika, Eropa dan negara-negara Teluk Arab ingin Presiden Suriah Bashar al-Assad mundur, tetapi sekutunya Rusia mem-blok langkah keras atas Suriah di Dewan Keamanan PBB.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov membela pengiriman senjata Rusia ke Suriah ditengah kecaman dunia Barat, dan mengatakan pasukan pemerintah perlu mempertahankan diri dari pemberontak yang mendapat senjata dari luar negeri.

Di Brussels, Uni Eropa hari Senin memperluas larangan visa dan pembekuan aset atas tiga orang dan dua organisasi lagi yang terkait dengan pemerintah Suriah. Daftar boikot Uni Eropa kini mencakup 128 pendukung Assad dan 43 perusahaan, bank dan organisasi Suriah lain.
XS
SM
MD
LG