Tautan-tautan Akses

Aktivis Suriah: Pesawat Pemerintah Tewaskan 60 Sipil


Sedikitnya 60 orang dinyatakan tewas akibat serangan udara pemerintah Suriah di propinsi Hama, saat antri membeli roti, Minggu (23/12).

Sedikitnya 60 orang dinyatakan tewas akibat serangan udara pemerintah Suriah di propinsi Hama, saat antri membeli roti, Minggu (23/12).

Para aktivis Suriah mengatakan serangan udara pemerintah atas pabrik roti di Halfaya menewaskan lebih dari 60 orang hari Minggu (23/12).

Serangan itu terjadi di kota Halfaya yang dikuasai pemberontak di provinsi Hama, di saat utusan perdamaian Internasional Lakhdar Brahimi kembali memulai kunjungannya untuk merundingkan penyelesaian perang saudara Suriah.

Apabila dikukuhkan, serangan tersebut akan menjadi salah satu insiden yang paling banyak menjatuhkan korban dalam pemberontakan ang telah berlangsung selama 21 bulan itu. Jumlah korban diperkirakan akan meningkat karena kira-kira 50 dari yang luka-luka dilaporkan dalam keadaan gawat.

Tidak jelas apakah bangunan satu tingkat yang dihancurkan bom tersebut benar-benar pabrik roti, namun dalam video yang dimuat online menunjukkan orang-orang segera berupaya membebaskan orang lain, termasuk seorang wanita dari reruntuhan. Jenazah yang berlumuran darah bergelimpangan di daerah dan jalan sekitarnya.

Para aktivis juga melaporkan serangan udara pemerintah di provinsi Aleppo dan di pinggir timur Damaskus, sementara pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad berusaha memukul mundur pemberontak dari kedudukan kekuasaannya.

Brahimi tiba di ibukota Suriah itu setelah naik mobil dari Lebanon, karena pertempuran dekat bandara Damaskus telah meningkat dalam beberapa minggu ini. Utusan perdamaian PBB-Liga Arab itu diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Assad hari ini.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG