Tautan-tautan Akses

Aktivis Hong Kong, Taiwan Peringati Tragedi Tiananmen


Puluhan ribu aktivis menyelenggarakan peringatan 23 tahun tragedi Tiananmen di Taman Victoria, Hong Kong (4/6).

Puluhan ribu aktivis menyelenggarakan peringatan 23 tahun tragedi Tiananmen di Taman Victoria, Hong Kong (4/6).

Puluhan ribu aktivis Hong Kong memperingati HUT ke-23 demonstrasi di Lapangan Tiananmen di Beijing dan penumpasan mematikan oleh pemerintah Tiongkok.

Para demonstran hari Senin mengadakan tuguran, dan meneriakkan “hidup demokrasi” dan “jangan lupakan 4 Juni.” Ratusan demonstran juga berkumpul di ibukota Taiwan, Taipei.

Demonstrasi di Hong Kong dan Taiwan sangat berbeda dari di Tiongkok daratan, di mana ulang tahun peristiwa itu belum pernah diperingati secara resmi. Malahan, sensor Internet Tiongkok mem-blok pencarian tentang peringatan itu.

Mereka juga mem-blok istilah “pasar saham Tiongkok” setelah bursa saham jatuh 64,89 poin dan para penulis blog di negara itu ramai menulis tentang teori konspirasi. Kedua angka itu tampaknya secara kebetulan sama dengan tanggal di calendar Juni 4 1989, hari penumpasan itu.

Sebelumnya hari Senin, kementrian luar negeri Tiongkok menyatakan “sangat tidak puas” atas himbauan Amerika agar Beijing membebaskan mereka yang masih ditahan akibat demonstrasi Lapangan Tiananmen tahun 1989.

Menanggapi pertanyaan wartawan VOA bahasa Mandarin, jurubicara kementrian luar negeri Lio Weimin mengatakan bahwa himbauan Departemen Luar Negeri Amerika itu adalah intervensi mencolok terhadap urusan dalam negeri Tiongkok dan tuduhan tak berdasar terhadap pemerintah Tiongkok.
XS
SM
MD
LG