Tautan-tautan Akses

Aktivis HAM: Pasukan Pemerintah Terus Menyerang Homs, Tewaskan Sedikitnya 24 Orang


Warga berlindung di penampungan Baba Amro dekat Homs (8/2). Tentara Suriah terus menyerang kota Homs dan menewaskan puluhan warga sipil.

Warga berlindung di penampungan Baba Amro dekat Homs (8/2). Tentara Suriah terus menyerang kota Homs dan menewaskan puluhan warga sipil.

Para aktivis hak asasi Suriah mengatakan pasukan pemerintah melanjutkan serangan mereka terhadap kota Homs, Suriah tengah, menewaskan paling sedikit 24 orang.

Serangan hari Kamis itu ditujukan pada beberapa distrik di kota itu dimana kata para aktivis serangan pemerintah telah menewaskan ratusan orang sejak Sabtu pagi.

Jumlah korban tewas akibat pertempuran itu tidak dapat dikukuhkan karena Suriah membatasi pemberitaan independen.

Pihak berwenang Suriah telah menuding teroris bersenjata mendalangi pemberontakan itu, dan mengatakan mereka bertanggung-jawab atas beberapa serangan baru-baru ini termasuk serangan bom mobil di Homs.

Tiongkok, yang bergabung dengan Rusia dalam memveto resolusi PBB terhadap Suriah, mengatakan hari Kamis negara itu ingin memelihara kontak dan komunikasi dengan organisasi-organisasi oposisi Suriah setelah delegasi oposisi mengunjungi Beijing untuk mengadakan pembicaraan pekan ini.

Presiden Suriah Bashar al-Assad telah berjanji akan menugaskan wakilnya untuk mengadakan dialog dengan oposisi. Tetapi organisasi-organisasi oposisi telah menolak pembicaraan dengan pemerintah.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon hari Rabu berjanji akan mempertimbangkan pengiriman tim gabungan PBB-Liga Arab ke Suriah untuk memantau kekerasan tersebut. Ban berencana akan berkonsultasi dengan anggota-anggota Dewan Keamanan PBB dalam beberapa hari mendatang mengenai rincian misi yang diusulkan itu.

XS
SM
MD
LG