Tautan-tautan Akses

Adele Kalahkan Bieber, One Direction di Tangga Lagu Billboard


Adele di acara Brit Awards. (Foto: Dok)

Adele di acara Brit Awards. (Foto: Dok)

Penyanyi asal Inggris itu menjual 3,48 juta kopi album "25" dalam minggu pertama, menjadikannya sebagai album terlaris tahun 2015.

Adele menyapu semua sudut tangga album ​As Billboard 200 hari Senin (1/12) dengan album terbarunya yang mencapai rekor, "25", membuat para pemimpin tangga lagu seperi Justin Bieber dan kelompok vokal Inggris One Direction seperti pecundang.

Penyanyi asal Inggris itu menjual 3,48 juta kopi album dalam minggu pertama peluncuran "25," menjadikannya sebagai album terlaris tahun 2015 dan satu-satunya album yang melewati penjualan tiga juta kopi dalam satu minggu sejak lembaga Nielsen Music mulai melacak penjualan album tahun 1991.

Keberhasilan Adele mendepak "Purpose" dari Bieber ke nomor dua, dengan penjualan 290.090 kopi dalam minggu kedua, sementara One Direction harus puas di posisi ketiga dengan penjualan 108.445 unit dari penjualan "Made in the A.M.," juga di minggu kedua.

Penjualan "25" mencakup 41 persen dari penjualan album keseluruhan di AS minggu lalu, menurut Nielsen. Album Adele sebelumnya, "21", yang meraih Grammy Awards juga ikut terdongkrak, naik ke posisi sembilan Billboard 200 dari posisi ke-25 seminggu sebelumnya.

Penyanyi Justin Bieber tampil di acara 2015 Billboard Hot 100 Music Festival di New York.

Penyanyi Justin Bieber tampil di acara 2015 Billboard Hot 100 Music Festival di New York.

Namun Bieber unggul dalam tangga lagu digital, yang mengukur penjualan lagu yang diunduh di Internet. Lagunya "Sorry" mendongkel "Hello" milik Adele dari tempat teratas, lima minggu setelah keduanya dirilis. Lagu "Love Yourself" milik Bieber juga ada di posisi ke-3, di atas lagu baru Adele "When We Were Young."

Satu-satunya pendatang baru Top 10 dalam tangga lagu ​Billboard 200 adalah rapper Amerika Jadakiss, yang albumnya "Top 5 Dead or Alive" langsung ada di posisi empat dengan penjualan hanya sedikit di atas 66.000, dan penyanyi Irlandia Enya yang kembali ke dunia musik dengan album "Dark Sky Island", ada di posisi delapan dengan penjualan 47.700 unit.

​Tangga lagu Billboard 200 mencakup penjualan album, penjualan lagu (10 lagu setara dengan satu album) dan aktivitas pemutaran di Internet atau streaming (1.500 kali pemutaran setara dengan satu album). [hd]

XS
SM
MD
LG